• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KESILIR 01 WULUHAN JEMBER

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Fifik Endah Wahyuni - 090210204113_1.pdf (262.9Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Fifik Endah Wahyuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama pembelajaran IPA di Sekolah Dasar terus diusahakan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan penerapan Contextual Teaching and Learning dengan metode eksperimen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember?.” Tujuan dari penelitian ini adalah “ingin mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.” Penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember. Populasi dalam penelitian adalah kelas V dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Responden/sampel penelitian ditentukan setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh harga t0 = 1.461, harga t ini dilakukan tes signifikansi dengan harga tt dengan dbk = 2 dan dbd0 = 53 pada taraf signifikansi 5% adalah 2.007, nilai t 0 < t (1.461 < 2.007). Dengan demikian Ho (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan sampel tdilakukan dengan cluster random sampling yaitu teknik undian sehingga diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga t=2.667. Harga t+ Ny 0 ini dilakukan tes signifikansi dengan harga t– 2 = 53, pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga t(2.667 > 1.684) sehingga hipotesis nihil (H0tt dengan db = N = 1.684. Nilai t) ditolak dan hipotesis kerja (H) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN kesilir 01 Wuluhan Jember. Saran bagi guru, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu metode mengajar yang melibatkan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember. Bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dan acuan untuk penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5164
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail