PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KESILIR 01 WULUHAN JEMBER
Abstract
Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Upaya
untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
terus diusahakan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan penerapan Contextual
Teaching and Learning dengan metode eksperimen. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual
Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA
terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember?.” Tujuan dari
penelitian ini adalah “ingin mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan
Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran
IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.”
Penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test
control group design ini dilaksanakan di kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.
Populasi dalam penelitian adalah kelas V dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari 27
siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Responden/sampel penelitian ditentukan
setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil perhitungan uji
homogenitas diperoleh harga t0 = 1.461, harga t ini dilakukan tes signifikansi dengan
harga tt dengan dbk = 2 dan dbd0 = 53 pada taraf signifikansi 5% adalah 2.007, nilai t
0 < t (1.461 < 2.007). Dengan demikian Ho (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada
perbedaan yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan sampel tdilakukan dengan cluster random sampling yaitu teknik undian sehingga diperoleh
kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga t=2.667. Harga t+ Ny 0 ini dilakukan tes signifikansi dengan harga t– 2 = 53, pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga t(2.667 > 1.684) sehingga hipotesis nihil (H0tt dengan db = N = 1.684. Nilai t) ditolak dan hipotesis kerja (H)
diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode
eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN kesilir
01 Wuluhan Jember.
Saran bagi guru, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang
salah satu metode mengajar yang melibatkan siswa aktif dalam proses belajar
mengajar. Bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan
dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN
Kesilir 01 Wuluhan Jember. Bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat
digunakan sebagai bahan masukan dan acuan untuk penelitian lebih lanjut.