Show simple item record

dc.contributor.authorFifik Endah Wahyuni
dc.date.accessioned2013-12-05T10:35:01Z
dc.date.available2013-12-05T10:35:01Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5164
dc.description.abstractKualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama pembelajaran IPA di Sekolah Dasar terus diusahakan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan penerapan Contextual Teaching and Learning dengan metode eksperimen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember?.” Tujuan dari penelitian ini adalah “ingin mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.” Penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember. Populasi dalam penelitian adalah kelas V dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Responden/sampel penelitian ditentukan setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh harga t0 = 1.461, harga t ini dilakukan tes signifikansi dengan harga tt dengan dbk = 2 dan dbd0 = 53 pada taraf signifikansi 5% adalah 2.007, nilai t 0 < t (1.461 < 2.007). Dengan demikian Ho (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan sampel tdilakukan dengan cluster random sampling yaitu teknik undian sehingga diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga t=2.667. Harga t+ Ny 0 ini dilakukan tes signifikansi dengan harga t– 2 = 53, pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga t(2.667 > 1.684) sehingga hipotesis nihil (H0tt dengan db = N = 1.684. Nilai t) ditolak dan hipotesis kerja (H) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN kesilir 01 Wuluhan Jember. Saran bagi guru, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu metode mengajar yang melibatkan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember. Bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dan acuan untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204113;
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPAen_US
dc.titlePENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KESILIR 01 WULUHAN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record