Show simple item record

dc.contributor.authorIka Mayasari
dc.date.accessioned2013-12-05T06:16:25Z
dc.date.available2013-12-05T06:16:25Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090810201249
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4846
dc.description.abstractKompetensi profesional merupakan suatu syarat yang dapat membantu terwujudnya kinerja superior untuk mencapai efektifitas tujuan sekolah. Sekolah akan mempromosikan guru yang memenuhi kompetensi profesional yang dibutuhkan dan dipersyaratkan untuk jenjang lebih tinggi. Promosi diberikan untuk membuat guru dihargai atas prestasi kerja mereka. Penghargaan tersebut membuat guru memiliki motivasi kerja yang lebih tinggi. Serangkaian kebijaksanaan diambil dan ditetapkan organisasi atau sekolah dalam menghadapi persaingan yang kompetitif dalam bidang SDM khususnya menyangkut lingkungan kerja. Dengan kata lain lingkungan kerja merupakan suatu lingkup yang ada di tempat seseorang tersebut bekerja yang secara langsung dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental SDM. Tujuan penelitian : (a) untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi kerja guru, (b) untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, (c) untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja guru, (d) untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru dan (e) untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan evaluasi bagi sekolah demi pengembangan sekolah di masa mendatang. Berdasarkan latar belakang masalah dan rumusan masalah yang ada, karakteristik masalah yang diteliti dalam penelitian ini dapat diklarifikasikan sebagai Explanatory Research. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dari dua Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Patrang. Dalam penelitian ini ditetapkan tidak menggunakan sampel sebagai responden penelitian, tetapi menggunakan metode sensus yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti seluruh elemen populasi (Rochaety, 2007:63). Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, sedangkan cara atau metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Variabel – variabel yang diteliti dan dianalisis dikelompokkan menjadi tiga macam : (a) variabel independen (X) yang terdiri dari; Variabel X 1 : Kompetensi Profesional dan Variabel X : Lingkungan kerja, (b) variabel Intervening (Z), adalah motivasi kerja (Z) dan (c) variabel dependen (Y), adalah kinerja guru. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. 2 Dalam penelitian terdapat pengaruh signifikan dan positif antara kompetensi profesional terhadap motivasi kerja pada guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Patrang. Nilai koefisien jalur pengaruh langsung dan tidak langsung terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan kerja terhadap motivasi kerja pada guru sekolah dasar negeri di kecamatan patrang. Serta adanya pengaruh signifikan antara kompetensi profesional terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri di Kecamatan Patrang dan terdapat pengaruh signifikan dan positif antara lingkungan kerja terhadap kinerja pada guru sekolah dasar negeri di kecamatan patrang. Pada uji hipotesis terdapat pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap kinerja pada guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Patrang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090810201249;
dc.subjectKinerja Guruen_US
dc.titlePENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TEHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PATRANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record