PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TEHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PATRANG
Abstract
Kompetensi profesional merupakan suatu syarat yang dapat membantu
terwujudnya kinerja superior untuk mencapai efektifitas tujuan sekolah. Sekolah
akan mempromosikan guru yang memenuhi kompetensi profesional yang
dibutuhkan dan dipersyaratkan untuk jenjang lebih tinggi. Promosi diberikan
untuk membuat guru dihargai atas prestasi kerja mereka. Penghargaan tersebut
membuat guru memiliki motivasi kerja yang lebih tinggi. Serangkaian
kebijaksanaan diambil dan ditetapkan organisasi atau sekolah dalam menghadapi
persaingan yang kompetitif dalam bidang SDM khususnya menyangkut
lingkungan kerja. Dengan kata lain lingkungan kerja merupakan suatu lingkup
yang ada di tempat seseorang tersebut bekerja yang secara langsung dapat
mempengaruhi kondisi fisik dan mental SDM. Tujuan penelitian : (a) untuk
menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi kerja guru, (b)
untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, (c)
untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja guru, (d)
untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru dan (e)
untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Hasil
penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dalam
pengambilan keputusan dan evaluasi bagi sekolah demi pengembangan sekolah di
masa mendatang.
Berdasarkan latar belakang masalah dan rumusan masalah yang ada,
karakteristik masalah yang diteliti dalam penelitian ini dapat diklarifikasikan
sebagai Explanatory Research. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dari
dua Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Patrang. Dalam penelitian ini ditetapkan
tidak menggunakan sampel sebagai responden penelitian, tetapi menggunakan
metode sensus yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti seluruh elemen
populasi (Rochaety, 2007:63). Jenis dan sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan sekunder, sedangkan cara atau metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,
kuisioner dan studi pustaka. Variabel – variabel yang diteliti dan dianalisis
dikelompokkan menjadi tiga macam : (a) variabel independen (X) yang terdiri
dari; Variabel X
1
: Kompetensi Profesional dan Variabel X
: Lingkungan kerja,
(b) variabel Intervening (Z), adalah motivasi kerja (Z) dan (c) variabel dependen
(Y), adalah kinerja guru. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan
skala Likert.
2
Dalam penelitian terdapat pengaruh signifikan dan positif antara
kompetensi profesional terhadap motivasi kerja pada guru sekolah dasar negeri di
Kecamatan Patrang. Nilai koefisien jalur pengaruh langsung dan tidak langsung
terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan kerja terhadap motivasi kerja pada
guru sekolah dasar negeri di kecamatan patrang. Serta adanya pengaruh signifikan
antara kompetensi profesional terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri di
Kecamatan Patrang dan terdapat pengaruh signifikan dan positif antara
lingkungan kerja terhadap kinerja pada guru sekolah dasar negeri di kecamatan
patrang. Pada uji hipotesis terdapat pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap
kinerja pada guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Patrang.