dc.description.abstract | Minat merupakan kecenderungan individu yang mendasar untuk tekun dan
bertingkah laku aktif terhadap benda, orang, aktivitas atau situasi yang digemari,
bersifat menetap dan mendapat perhatian dari individu itu sehingga memberikan
perasaan senang dan kecenderungan untuk mencari obyek yang disenangi itu yang
dirasakan berguna bagi dirinya, sedangkan minat belajar dapat diartikan sebagai
kecenderungan individu yang mendasar untuk tekun dan bertingkah laku aktif
terhadap pelajaran yang disenangi, sehingga dia akan mencari lebih banyak
informasi tentang pelajaran yang disenangi tersebut. Minat belajar pada siswa
kelas III-B pada pelajaran IPS termasuk dalam kategori rendah, rendahnya minat
tersebut ternyata berdampak pada hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media Audio Visual dapat
meningkatkan minat belajar siswa kelas III-B mata pelajaran IPS tema keperluan
sehari-hari di SD Negeri Gudang 01 Asembagus Situbondo tahun pelajaran
2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar
siswa kelas III-B mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari dengan
menggunakan media Audio Visual di SD Negeri Gudang 01 Asembagus
Situbondo tahun pelajaran 2011/2012.
Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memecahkan permasalahan
yang terjadi di kelas III-B, oleh karena itu peneliti bersama guru sepakat untuk
menggunakan media Audio Visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada
pelajaran IPS. Tema yang menjadi bahan kajian adalah macam-macam tempat
kegiatan jual beli, karena materi tersebut memerlukan pemahaman sehingga
dalam menjelaskan memerlukan contoh-contoh yang kongkrit. Dengan
penggunaan media Audio Visual, materi tersebut akan lebih mudah dipahami
siswa, sehingga timbul minat untuk mempelajari pelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam
pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4
fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator minat belajar
yang diobservasi antara lain; rasa senang terhadap pelajaran, perhatian, keinginan
mencari sumber belajar, dan intensitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan
penggunaan media Audio Visual.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gudang 01 Asembagus
Situbondo di kelas III-B pada pelajaran IPS Tema Keperluan Sehari-hari.
Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat
atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh
peneliti. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode,
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media audio
visual, minat belajar siswa menjadi meningkat. Skor minat belajar siswa sebelum
penerapan media audio visual sebesar 2,3, sedangkan skor minat belajar pada
siklus I sebesar 3,0, dan pada siklus II 3,1. Minat belajar siswa terus mengalami
peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru yang menyenangkan
dan tidak membosankan di dalam kelas..
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media audio
visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa. Saran
yang diberikan adalah guru sebagai pemegang kendali proses belajar mampu
memberikan solusi ketika terjadi permasalahan selama proses belajar mengajar,
misalnya dengan meningkatkan penggunaan media pembelajaran, karena media
merupakan hal yang penting agar materi yang disampaikan mudah dipahami oleh
siswa. | en_US |