• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN IPS TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI DI SD NEGERI GUDANG 01 ASEMBAGUS SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Chrisnawati - 070210204118 (2)_1.pdf (267.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Chrisnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Minat merupakan kecenderungan individu yang mendasar untuk tekun dan bertingkah laku aktif terhadap benda, orang, aktivitas atau situasi yang digemari, bersifat menetap dan mendapat perhatian dari individu itu sehingga memberikan perasaan senang dan kecenderungan untuk mencari obyek yang disenangi itu yang dirasakan berguna bagi dirinya, sedangkan minat belajar dapat diartikan sebagai kecenderungan individu yang mendasar untuk tekun dan bertingkah laku aktif terhadap pelajaran yang disenangi, sehingga dia akan mencari lebih banyak informasi tentang pelajaran yang disenangi tersebut. Minat belajar pada siswa kelas III-B pada pelajaran IPS termasuk dalam kategori rendah, rendahnya minat tersebut ternyata berdampak pada hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III-B mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari di SD Negeri Gudang 01 Asembagus Situbondo tahun pelajaran 2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III-B mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari dengan menggunakan media Audio Visual di SD Negeri Gudang 01 Asembagus Situbondo tahun pelajaran 2011/2012. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memecahkan permasalahan yang terjadi di kelas III-B, oleh karena itu peneliti bersama guru sepakat untuk menggunakan media Audio Visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS. Tema yang menjadi bahan kajian adalah macam-macam tempat kegiatan jual beli, karena materi tersebut memerlukan pemahaman sehingga dalam menjelaskan memerlukan contoh-contoh yang kongkrit. Dengan penggunaan media Audio Visual, materi tersebut akan lebih mudah dipahami siswa, sehingga timbul minat untuk mempelajari pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator minat belajar yang diobservasi antara lain; rasa senang terhadap pelajaran, perhatian, keinginan mencari sumber belajar, dan intensitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan penggunaan media Audio Visual. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gudang 01 Asembagus Situbondo di kelas III-B pada pelajaran IPS Tema Keperluan Sehari-hari. Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh peneliti. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode, observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media audio visual, minat belajar siswa menjadi meningkat. Skor minat belajar siswa sebelum penerapan media audio visual sebesar 2,3, sedangkan skor minat belajar pada siklus I sebesar 3,0, dan pada siklus II 3,1. Minat belajar siswa terus mengalami peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru yang menyenangkan dan tidak membosankan di dalam kelas.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa. Saran yang diberikan adalah guru sebagai pemegang kendali proses belajar mampu memberikan solusi ketika terjadi permasalahan selama proses belajar mengajar, misalnya dengan meningkatkan penggunaan media pembelajaran, karena media merupakan hal yang penting agar materi yang disampaikan mudah dipahami oleh siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4844
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository