PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG BERKEMAMPUAN AKADEMIS TINGGI DENGAN YANG BERKEMAMPUAN AKADEMIS RENDAH PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK KARTINI JEMBER MENGGUNAKAN PROGRAM MYOB
Abstract
embelajaran akuntansi di SMK berbeda dengan yang diberikan di SMA. Mata pelajaran
tersebut lebih banyak diberikan dalam bentuk praktek. Untuk menambah pemahaman dan
keterampilan pada mata pelajaran akuntansi, siswa SMK termasuk di SMK Kartini Jember juga
diberikan mata pelajaran komputer akuntansi. Mata pelajaran tersebut lebih banyak disajikan
dengan bantuan media komputer. Untuk mengolah data akuntansi digunakan program software
akuntansi, salah satunya adalah program MYOB. Program software tersebut dapat mempercepat
proses olah data dengan hasil yang akurat meskipun diakui program tersebut juga ada
kelemahannya. Penggunaan program software akuntansi tersebut tentunya akan membetuk
keterampilan dan berdampak hasil belajar siswa yang berbeda siswa pada mata pelajaran
komputer akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran
komputer akuntansi pada kompetensi membuat daftar pelanggan,, daftar pemasok dan
memasukkan saldo awal pelanggan dan pemasok pada siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK
Kartini Jember pada kelompok siswa yang berkemampuan akademis tinggi dengan kelompok
siswa yang berkemampuan akademis rendah.
Penelitian dirancang dengan quasi experimental research design. Penentuan lokasi
penelitian menggunakan metode purposive. Penentuan responden penelitian menggunakan
Purposive Random Sampling. Untuk kelas kontrol terpilih kelompok kelas berkemampuan
akademis tinggi dan untuk kelas eksperimen terpilih kelompok kelas berkemampuan rendah.
Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan
metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis paired t-test.
Hasil penelitian membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran komputer akuntansi pada siswa yang berkemampuan akademis tinggi
dengan siswa yang berkemampuan akademis rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil
belajar siswa yang meliputi analisis nilai tugas siswa, analisis nilai ulangan harian siswa, dan
analisis uji paired sample t-test yang menunjukkan pembelajaran komputer akuntansi pada
kelompok siswa berkemampuan akademis rendah lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok
siswa berkemampuan akademis tinggi menggunakan program MYOB. Untuk hasil belajar siswa,
analisis tugas siswa pada kelas control sebesar 80,48 dan untuk kelas eksperimen sebesar 84,80.
Untuk hasil ulangan harian siswa pada kelas kontrol sebesar 73,570 dan untuk kelas eksperimen
sebesar 80,36. Untuk uji Paired sample t-test pada kelas control t
sebesar 1.746 dan dan
untuk klas eksperimen t
hitung
sebesar -30.683.
viii
hitung
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan keterampilan dan hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan menggunakan program MYOB dan dengan Dac Easy Accounting pada
materi membuat dadtar nama pelanggan dan pemasok serta memasukkan saldo awal pelanggan
dan pemasok kelas XI Akuntansi semester genap di SMK Kartini Jember tahun pelajaran
2012/2013. Keterampilan dan hasil belajar siswa dalam pembelajran dengan program Dac Easy
Accounting lebih tinggi dibandingan dengan pembelajaran dengan program MYOB.