• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG BERKEMAMPUAN AKADEMIS TINGGI DENGAN YANG BERKEMAMPUAN AKADEMIS RENDAH PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK KARTINI JEMBER MENGGUNAKAN PROGRAM MYOB

    Thumbnail
    View/Open
    Fanny RahmanBaso - 080210301032_1.pdf (249.4Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Fanny RahmanBaso
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    embelajaran akuntansi di SMK berbeda dengan yang diberikan di SMA. Mata pelajaran tersebut lebih banyak diberikan dalam bentuk praktek. Untuk menambah pemahaman dan keterampilan pada mata pelajaran akuntansi, siswa SMK termasuk di SMK Kartini Jember juga diberikan mata pelajaran komputer akuntansi. Mata pelajaran tersebut lebih banyak disajikan dengan bantuan media komputer. Untuk mengolah data akuntansi digunakan program software akuntansi, salah satunya adalah program MYOB. Program software tersebut dapat mempercepat proses olah data dengan hasil yang akurat meskipun diakui program tersebut juga ada kelemahannya. Penggunaan program software akuntansi tersebut tentunya akan membetuk keterampilan dan berdampak hasil belajar siswa yang berbeda siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran komputer akuntansi pada kompetensi membuat daftar pelanggan,, daftar pemasok dan memasukkan saldo awal pelanggan dan pemasok pada siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Kartini Jember pada kelompok siswa yang berkemampuan akademis tinggi dengan kelompok siswa yang berkemampuan akademis rendah. Penelitian dirancang dengan quasi experimental research design. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Penentuan responden penelitian menggunakan Purposive Random Sampling. Untuk kelas kontrol terpilih kelompok kelas berkemampuan akademis tinggi dan untuk kelas eksperimen terpilih kelompok kelas berkemampuan rendah. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis paired t-test. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi pada siswa yang berkemampuan akademis tinggi dengan siswa yang berkemampuan akademis rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meliputi analisis nilai tugas siswa, analisis nilai ulangan harian siswa, dan analisis uji paired sample t-test yang menunjukkan pembelajaran komputer akuntansi pada kelompok siswa berkemampuan akademis rendah lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa berkemampuan akademis tinggi menggunakan program MYOB. Untuk hasil belajar siswa, analisis tugas siswa pada kelas control sebesar 80,48 dan untuk kelas eksperimen sebesar 84,80. Untuk hasil ulangan harian siswa pada kelas kontrol sebesar 73,570 dan untuk kelas eksperimen sebesar 80,36. Untuk uji Paired sample t-test pada kelas control t sebesar 1.746 dan dan untuk klas eksperimen t hitung sebesar -30.683. viii hitung Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan keterampilan dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan program MYOB dan dengan Dac Easy Accounting pada materi membuat dadtar nama pelanggan dan pemasok serta memasukkan saldo awal pelanggan dan pemasok kelas XI Akuntansi semester genap di SMK Kartini Jember tahun pelajaran 2012/2013. Keterampilan dan hasil belajar siswa dalam pembelajran dengan program Dac Easy Accounting lebih tinggi dibandingan dengan pembelajaran dengan program MYOB.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4473
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository