STUDI KOMPERATI F TI NGKAT PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TAHU OLAH ORGANI K DAN NON ORGANI K DI KABUPATEN J EMBER
Abstract
Agroindustri sebagai salah satu sub sistem agribisnis memiliki peranan
penting dalam menggerakan perekonomian nasional. Sebagai salah satu subsistem
agribisnis, agroindustri selain meningkatkan nilai tambah juga berperan dalam
menciptakan pasar bagi hasil-hasil pertanian melalui berbagai produk olahannya.
Selain itu, agroindustri juga berfungsi dalam meningkatkan kesempatan kerja dan
mutu hasil produksi pertanian melalui pengolahan serta meningkatkan
pendapatan.
Penelitian ini yang dilakukan di Kabupaten Jember bertujuan untuk
mengetahui (1) kelayakan usaha agroindustri tahu olah organik dan non organik,
(2) perbedaan tingkat pendapatan antara pengusaha agroindustri tahu olah organik
dan non organik, (3) strategi pengembangan agroindustri tahu olah organik dan
non organik, dan (4) faktor-faktor yang mempengrauhi keputusan konsumen
dalam pembelian tahu olah organik dan non organik di Kabupaten Jember.
Penentuan daerah penelitian ini menggunakan purposive method. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, komparatif, korelasional dan
analitik. Terdapat 3 metode pengambilan contoh dalam penelitian ini.
Agroindustri tahu olah organik menggunakan metode total sampling, agroindustri
tahu olah non organik menggunakan metode purposive sampling dan konsumen
tahu olah organik dan tahu olah non organik menggunakan metode convinience
sampling. Responden yang dibutuhkan sebanyak 100 konsumen dengan
perbandingan 30 orang konsumen tahu olah organik dan 70 orang konsumen tahu
olah non organik. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Analisis
data yang digunakan adalah analisis kelayakan finansial, uji-t, FFA, analisis faktor
dan rank spearman.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]