Show simple item record

dc.contributor.authorHafidoh Humairoh
dc.date.accessioned2014-01-28T18:46:52Z
dc.date.available2014-01-28T18:46:52Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM041510201082
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26545
dc.description.abstractIntegrasi pasar merupakan penggabungan antara beberapa lembaga pemasaran yang secara fungsional dan ekonomi menjadi satu kesatuan dalam sistem pemasaran. Analisis perilaku pasar ini terdapat dua pendekatan integrasi yaitu integrasi secara vertikal dan integrasi secara horizontal. Integrasi vertikal untuk melihat keadaan pasar antara pasar lokal, kecamatan, kebupaten dan pasar provinsi bahkan pasar nasional. Analisis integrasi pasar vertikal ini mampu menjelaskan kekuatan tawar-menawar antara petani dengan lembaga pemasaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keterpaduan pasar secara vertikal pada berbagai tingkat saluran pemasaran gula kelapa, (2) untuk mengetahui struktur pemasaran, dan (3) untuk mengetahui perilaku pemasaran yang terjadi di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Snow Ball Sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dianalisis dengan analisis regresi, konsentrasi rasio dan analisis elastisitas transmisi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Belum terjadi keterpaduan pasar secara vertikal pada saluran pemasaran dalam sistem pemasaran gula kelapa di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. (2) Struktur pasar pada sistem pemasaran gula kelapa mengarah pada sistem pasar persaingan tidak sempurna dengan derajat konsentrasi > 80% dan nilai transmisi 0,626. (3) Prilaku pasar gula kelapa dipengaruhi oleh praktek penentuan harga dan kerjasama antar pedagang. Praktek penentuan harga ditentukan oleh mekanisme pasar, dan bentuk kerjasama antar pedagang merupakan kerjasama bisnis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries041510201082;
dc.subjectKETERPADUAN PASAR, VERTIKAL, SISTEM PEMASARAN GULA KELAPAen_US
dc.titleANALISIS KETERPADUAN PASAR SECARA VERTIKAL DALAM SISTEM PEMASARAN GULA KELAPA DI KECAMATAN KABAT KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record