dc.description.abstract | Salah satu upaya untuk menekan kehilangan pasca panen adalah meningkatkan
teknologi yang digunakan oleh petani. Dalam hal ini unit penggiling padi bergerak
(mobile rice milling unit) merupakan salah satu alat dan mesin pertanian dalam
penanganan pasca panen. Di dalam persaingan usaha produksi mobile RMU
diperlukan peningkatan kualitas sehingga dapat bersaing dengan rumah produksi
yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari aspek ekonomis dan
mengetahui sistem pemasaran pada produksi mobile RMU. Dari penelitian ini
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pemilik usaha, pemerintah daerah dan
peneliti. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu menggunakan
metode pengamatan yang berfungsi untuk menentukan tempat lokasi penelitian
dengan menggunakan metode purposive sampling, metode wawancara dengan
menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada pemilik usaha dan studi pustaka.
Dari metode yang digunakan kemudian data dianalisis secara ekonomi yang
meliputi analisis biaya dan pendapatan dan analisis kelayakan sedangkan sistem
pemasaran dianalisis secara diskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, membuktikan
bahwa unit usaha mobile RMU di daerah penelitian layak secara ekonomis dan
investasi yang dikeluarkan pada unit usaha pembuatan mobile RMU antara Rp.
15,29 juta sampai dengan Rp 37,4 juta. Pemasaran hasil produk mobile RMU di
masing-masing unit usaha yaitu menggunakan kebijaksanaan produk,
kebijaksanaan harga dan kebijaksanaan saluran distribusi. Sedangkan untuk
kebijaksanaan promosi tidak begitu diperhatikan dalam pemasaran produk mobile
RMU ini. | en_US |