PENGARUH SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM DI JEMBER)
Abstract
Di era globalisasi seperti yang terjadi saat ini, perekonomian pun akan
semakin maju mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju pula. Persaingan
bisnis yang meningkat, memacu perusahaan-perusahaan untuk berlomba-lomba
menjadi yang terbaik dengan meningkatkan produktivitas kerjanya. Untuk
meningkatkan produktivitas suatu perusahaan, kinerja manajerial dalam perusahaan
tersebut merupakan salah satu hal penting.
Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dibutuhkan sistem pengukuran
kinerja yang nantinya akan berfungsi sebagai pemberi informasi yang dapat menjadi
acuan para manajer dalam mengambil suatu keputusan yang tepat demi kemajuan
perusahaan umumnya, dimana pengukuran kinerja suatu perusahaan hanya dilihat
dari segi keuangan saja, tetapi sebenarnya segi non – finansial atau non – keuangan
juga tidak kalah pentingnya sebagai alat pelengkap informasi yang dibutuhkan para
manajer tersebut. Contoh dari pengukuran kinerja non finansial seperti survey
kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan. Sistem Pengukuran kinerja juga
menyediakan informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan. Informasi yang
relevan diperoleh dari alat ukur kinerja yang mencakup aspek keuangan dan non
keuangan Karyawan dapat menjadi keunggulan kompetitif utama perusahaan dalam
hampir di semua bisnis. Dan pada kenyataannya, karyawan atau pekerja memang
merupakan aspek penting bagi organisasi untuk menyusun dan mengimplemantasikan
strategi. Karena itu, diperlukan penghargaan yang dapat menahan karyawan agar
tetap berada di organisasi .
Salah satu caranya agar karyawan meningkatkan kinerjanya yaitu dengan
pemberian penghargaan. Karyawan yang mendapat penghargaan akan termotivasi
Di era globalisasi seperti yang terjadi saat ini, perekonomian pun akan
semakin maju mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju pula. Persaingan
bisnis yang meningkat, memacu perusahaan-perusahaan untuk berlomba-lomba
menjadi yang terbaik dengan meningkatkan produktivitas kerjanya. Untuk
meningkatkan produktivitas suatu perusahaan, kinerja manajerial dalam perusahaan
tersebut merupakan salah satu hal penting.
Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dibutuhkan sistem pengukuran
kinerja yang nantinya akan berfungsi sebagai pemberi informasi yang dapat menjadi
acuan para manajer dalam mengambil suatu keputusan yang tepat demi kemajuan
perusahaan umumnya, dimana pengukuran kinerja suatu perusahaan hanya dilihat
dari segi keuangan saja, tetapi sebenarnya segi non – finansial atau non – keuangan
juga tidak kalah pentingnya sebagai alat pelengkap informasi yang dibutuhkan para
manajer tersebut. Contoh dari pengukuran kinerja non finansial seperti survey
kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan. Sistem Pengukuran kinerja juga
menyediakan informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan. Informasi yang
relevan diperoleh dari alat ukur kinerja yang mencakup aspek keuangan dan non
keuangan Karyawan dapat menjadi keunggulan kompetitif utama perusahaan dalam
hampir di semua bisnis. Dan pada kenyataannya, karyawan atau pekerja memang
merupakan aspek penting bagi organisasi untuk menyusun dan mengimplemantasikan
strategi. Karena itu, diperlukan penghargaan yang dapat menahan karyawan agar
tetap berada di organisasi .
Salah satu caranya agar karyawan meningkatkan kinerjanya yaitu dengan
pemberian penghargaan. Karyawan yang mendapat penghargaan akan termotivasi
x
Di era globalisasi seperti yang terjadi saat ini, perekonomian pun akan
semakin maju mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju pula. Persaingan
bisnis yang meningkat, memacu perusahaan-perusahaan untuk berlomba-lomba
menjadi yang terbaik dengan meningkatkan produktivitas kerjanya. Untuk
meningkatkan produktivitas suatu perusahaan, kinerja manajerial dalam perusahaan
tersebut merupakan salah satu hal penting.
Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dibutuhkan sistem pengukuran
kinerja yang nantinya akan berfungsi sebagai pemberi informasi yang dapat menjadi
acuan para manajer dalam mengambil suatu keputusan yang tepat demi kemajuan
perusahaan umumnya, dimana pengukuran kinerja suatu perusahaan hanya dilihat
dari segi keuangan saja, tetapi sebenarnya segi non – finansial atau non – keuangan
juga tidak kalah pentingnya sebagai alat pelengkap informasi yang dibutuhkan para
manajer tersebut. Contoh dari pengukuran kinerja non finansial seperti survey
kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan. Sistem Pengukuran kinerja juga
menyediakan informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan. Informasi yang
relevan diperoleh dari alat ukur kinerja yang mencakup aspek keuangan dan non
keuangan Karyawan dapat menjadi keunggulan kompetitif utama perusahaan dalam
hampir di semua bisnis. Dan pada kenyataannya, karyawan atau pekerja memang
merupakan aspek penting bagi organisasi untuk menyusun dan mengimplemantasikan
strategi. Karena itu, diperlukan penghargaan yang dapat menahan karyawan agar
tetap berada di organisasi .
Salah satu caranya agar karyawan meningkatkan kinerjanya yaitu dengan
pemberian penghargaan. Karyawan yang mendapat penghargaan akan termotivasi
x