PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS IV SDN AJUNG 06 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya  nilai  hasil  belajar  IPS  siswa  kelas  IV  SDN  Ajung 06
Kalisat Jember disebabkan  karena  metode  pembelajaran  yang  diterapkan  di 
sekolah masih bersifat  konvensional.  Oleh karena itu pemahaman terhadap
konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah
yaitu dari total 35 siswa menunjukkan bahwa 15 siswa atau 42,86% mendapatkan
nilai di atas KKM dan 20 siswa atau 57,14% siswa berada di bawah nilai KKM.
Dimana KKM mata pelajaran IPS di SDN Ajung 06 Kalisat kelas IV yaitu 65
dengan ketuntasan klasikal yang diprasyaratkan yaitu 65%. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS (Ilmu
Pengetahuan Sosial) melalui penerapan pembelajaran cooperative dengan metode
cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Ajung
06 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.  
Pengambilan  data  dalam  penelitian  ini,  dilaksanakan  di  Ajung 06
Kalisat Jember,  dimulai  pada  tanggal  21 Nopember 2011 sampai tanggal  5
Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 35 
anak, terdiri dari 17  laki-laki  dan  18  perempuan.  Jenis  penelitian  ini  adalah 
menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK). 
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan  
dokumentasi.  Data yang  dikumpulkan  berupa  analisis  jawaban  siswa  terhadap 
tes  awal,  tes  akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas guru selama
proses pembelajaran IPS, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan
peneliti. Persentase hasil belajar yang diperoleh dari  tahap  prasiklus  sebesar 
42,86%  menjadi  74,29%  pada  siklus  I  yang menunjukkan peningkatan sebesar 
viii
 
31,43%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang  diperoleh  dengan 
memperbaiki  hasil  refleksi  dari  siklus  I  adalah  sebesar 94,29% yang
menunjukkan peningkatan sebesar 20%. Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah 
penerapan  pembelajaran  cooperative dengan strategi Cooperative Integrated
Reading and Composition dapat meningkatkan hasil  belajar  siswa pada mata
pelajaran IPS kelas  IV  SDN  Ajung 06 Kalisat Jember tahun  pelajaran
2011/2012.  
Disarankan untuk sekolah agar penerapan pembelajaran cooperative
dengan strategi belajar Cooperative Integrated Reading and Composition dapat
digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil
belajar siswa.
