Show simple item record

dc.contributor.authorWAHYU KURNIA ABADI
dc.date.accessioned2014-01-24T05:24:41Z
dc.date.available2014-01-24T05:24:41Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210204178
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23385
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ajung 06 Kalisat Jember disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu dari total 35 siswa menunjukkan bahwa 15 siswa atau 42,86% mendapatkan nilai di atas KKM dan 20 siswa atau 57,14% siswa berada di bawah nilai KKM. Dimana KKM mata pelajaran IPS di SDN Ajung 06 Kalisat kelas IV yaitu 65 dengan ketuntasan klasikal yang diprasyaratkan yaitu 65%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) melalui penerapan pembelajaran cooperative dengan metode cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Ajung 06 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di Ajung 06 Kalisat Jember, dimulai pada tanggal 21 Nopember 2011 sampai tanggal 5 Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 35 anak, terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas guru selama proses pembelajaran IPS, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 42,86% menjadi 74,29% pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar viii 31,43%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 94,29% yang menunjukkan peningkatan sebesar 20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran cooperative dengan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Ajung 06 Kalisat Jember tahun pelajaran 2011/2012. Disarankan untuk sekolah agar penerapan pembelajaran cooperative dengan strategi belajar Cooperative Integrated Reading and Composition dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204178;
dc.subjectOOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS IV SDN AJUNG 06 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record