PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS IV SDN AJUNG 06 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ajung 06
Kalisat Jember disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di
sekolah masih bersifat konvensional. Oleh karena itu pemahaman terhadap
konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah
yaitu dari total 35 siswa menunjukkan bahwa 15 siswa atau 42,86% mendapatkan
nilai di atas KKM dan 20 siswa atau 57,14% siswa berada di bawah nilai KKM.
Dimana KKM mata pelajaran IPS di SDN Ajung 06 Kalisat kelas IV yaitu 65
dengan ketuntasan klasikal yang diprasyaratkan yaitu 65%. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS (Ilmu
Pengetahuan Sosial) melalui penerapan pembelajaran cooperative dengan metode
cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Ajung
06 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di Ajung 06
Kalisat Jember, dimulai pada tanggal 21 Nopember 2011 sampai tanggal 5
Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 35
anak, terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan. Jenis penelitian ini adalah
menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap
tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas guru selama
proses pembelajaran IPS, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan
peneliti. Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar
42,86% menjadi 74,29% pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar
viii
31,43%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan
memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 94,29% yang
menunjukkan peningkatan sebesar 20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
penerapan pembelajaran cooperative dengan strategi Cooperative Integrated
Reading and Composition dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas IV SDN Ajung 06 Kalisat Jember tahun pelajaran
2011/2012.
Disarankan untuk sekolah agar penerapan pembelajaran cooperative
dengan strategi belajar Cooperative Integrated Reading and Composition dapat
digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil
belajar siswa.