Model Pembelajaran Pemetaan Konsep Pada Foto Kejadian Lingkungan Untuk Pembelajaran Fisika Di SMA (Diuji Pada Pokok Bahasan Gerak)
Abstract
Pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan merupakan
suatu cara penyajian materi dengan kegiatan peserta didik menemukan konsepkonsep
fisika yang ada pada foto kejadian lingkungan yang dilakukan secara
kelompok. Masalah yang diajukan dalam penelitia, secara umum adalah
bagaimanakah bentuk model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian
lingkungan yang relatif baik untuk pembelajaran fisika. Adapun permasalahan secara
khusus: (1) Bagaimanakah aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar
fisika dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian
lingkungan? (2) Bagaimanakah efektivitas model pembelajaran pemetaan konsep
pada foto kejadian lingkungan dalam proses belajar mengajar fisika? (3) Seberapa
kuatkah retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar
dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian
lingkungan?
Secara umum penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas
peserta didik dalam proses belajar mengajar fisika dengan menggunakan model
pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan; (2) Untuk
mendeskripsikan bagaimana efektivitas model pembelajaran pemetaan konsep pada
foto kejadian lingkungan dalam proses belajar mengajar fisika; (3) Untuk mengkaji
seberapa kuat retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar
dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian
lingkungan.
viii
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan
penentuan subjek menggunakan teknik cluster random sampling dan teknik
pengumpulan data untuk kuantitatifnya menggunakan hasil tes peserta didik (pre-tes,
post-tes, dan tes tunda), sedangkan untuk kualitatifnya menggunakan teknik observasi
dan wawancara yang dilakukan selama proses belajar mengajar.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Aktivitas peserta didik dalam
proses belajar mengajar fisika menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep
pada foto kejadian lingkungan termasuk dalan kriteria baik yaitu pada kategori
aktivitas kesiapan mengikuti PBM, memperhatikan, dan beinteraksi dengan teman.
Namun pada kategori aktivitas bertanya termasuk dalam kategori kurang sekali. Hal
ini disebabkan karena peserta didik kurang percaya diri dan malu dalam
mengemukakan pendapat; (2) Efektivitas model pembelajaran pembelajaran
pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan termasuk dalam kriteria sangat
efektif. Hal ini disebabkan karena karena materi yang disampaikan dengan
menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan
dikaitkan dengan kejadian yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Sehingga
peserta didik merasa tertantang untuk lebih mendalami konsep fisika yang berkaitan
dengan masalah yang ada pada foto kejadian lingkungan. Jadi model pembelajaran
pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan sangat efektif untuk
pembelajaran fisika di SMA; (3) Retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah
proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep
pada foto kejadian lingkungan termasuk dalam kriteria sangat tinggi.