Show simple item record

dc.contributor.authorYunis Ariristi Nurjanah
dc.date.accessioned2014-01-24T00:25:34Z
dc.date.available2014-01-24T00:25:34Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM020210102184
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22868
dc.description.abstractPembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan merupakan suatu cara penyajian materi dengan kegiatan peserta didik menemukan konsepkonsep fisika yang ada pada foto kejadian lingkungan yang dilakukan secara kelompok. Masalah yang diajukan dalam penelitia, secara umum adalah bagaimanakah bentuk model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan yang relatif baik untuk pembelajaran fisika. Adapun permasalahan secara khusus: (1) Bagaimanakah aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan? (2) Bagaimanakah efektivitas model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan dalam proses belajar mengajar fisika? (3) Seberapa kuatkah retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan? Secara umum penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan; (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan dalam proses belajar mengajar fisika; (3) Untuk mengkaji seberapa kuat retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan. viii Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan penentuan subjek menggunakan teknik cluster random sampling dan teknik pengumpulan data untuk kuantitatifnya menggunakan hasil tes peserta didik (pre-tes, post-tes, dan tes tunda), sedangkan untuk kualitatifnya menggunakan teknik observasi dan wawancara yang dilakukan selama proses belajar mengajar. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar fisika menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan termasuk dalan kriteria baik yaitu pada kategori aktivitas kesiapan mengikuti PBM, memperhatikan, dan beinteraksi dengan teman. Namun pada kategori aktivitas bertanya termasuk dalam kategori kurang sekali. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang percaya diri dan malu dalam mengemukakan pendapat; (2) Efektivitas model pembelajaran pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan termasuk dalam kriteria sangat efektif. Hal ini disebabkan karena karena materi yang disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan dikaitkan dengan kejadian yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Sehingga peserta didik merasa tertantang untuk lebih mendalami konsep fisika yang berkaitan dengan masalah yang ada pada foto kejadian lingkungan. Jadi model pembelajaran pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan sangat efektif untuk pembelajaran fisika di SMA; (3) Retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan termasuk dalam kriteria sangat tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210102184;
dc.subjectPembelajaran Pemetaan Konsepen_US
dc.titleModel Pembelajaran Pemetaan Konsep Pada Foto Kejadian Lingkungan Untuk Pembelajaran Fisika Di SMA (Diuji Pada Pokok Bahasan Gerak)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record