• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Pemetaan Konsep Pada Foto Kejadian Lingkungan Untuk Pembelajaran Fisika Di SMA (Diuji Pada Pokok Bahasan Gerak)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (295)_1.pdf (344.8Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Yunis Ariristi Nurjanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan merupakan suatu cara penyajian materi dengan kegiatan peserta didik menemukan konsepkonsep fisika yang ada pada foto kejadian lingkungan yang dilakukan secara kelompok. Masalah yang diajukan dalam penelitia, secara umum adalah bagaimanakah bentuk model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan yang relatif baik untuk pembelajaran fisika. Adapun permasalahan secara khusus: (1) Bagaimanakah aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan? (2) Bagaimanakah efektivitas model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan dalam proses belajar mengajar fisika? (3) Seberapa kuatkah retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan? Secara umum penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan; (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan dalam proses belajar mengajar fisika; (3) Untuk mengkaji seberapa kuat retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan. viii Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan penentuan subjek menggunakan teknik cluster random sampling dan teknik pengumpulan data untuk kuantitatifnya menggunakan hasil tes peserta didik (pre-tes, post-tes, dan tes tunda), sedangkan untuk kualitatifnya menggunakan teknik observasi dan wawancara yang dilakukan selama proses belajar mengajar. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar fisika menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan termasuk dalan kriteria baik yaitu pada kategori aktivitas kesiapan mengikuti PBM, memperhatikan, dan beinteraksi dengan teman. Namun pada kategori aktivitas bertanya termasuk dalam kategori kurang sekali. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang percaya diri dan malu dalam mengemukakan pendapat; (2) Efektivitas model pembelajaran pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan termasuk dalam kriteria sangat efektif. Hal ini disebabkan karena karena materi yang disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan dikaitkan dengan kejadian yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Sehingga peserta didik merasa tertantang untuk lebih mendalami konsep fisika yang berkaitan dengan masalah yang ada pada foto kejadian lingkungan. Jadi model pembelajaran pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan sangat efektif untuk pembelajaran fisika di SMA; (3) Retensi hasil belajar fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan konsep pada foto kejadian lingkungan termasuk dalam kriteria sangat tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22868
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository