• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK MELALUI PENGEMBANGAN HANDOUT DARI MEDIA BUKU BACAAN ANAK SISWA KELAS V SDN AJUNG 02 KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (258)_1_processed.pdf (390.4Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Endhika Dwi Kadariyanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak sekolah yang masih memberlakukan pendekatan konvensional yang kurang efektif sehingga menimbulkan kejenuhan siswa di dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Ajung 02 Kalisat Jember, terdapat beberapa permasalahan yaitu siswa cenderung pasif dan bosan dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, digunakan pengembangan handout dengan media buku bacaan anak untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu : 1. bagaimanakah penerapan pengembangan handout dengan menggunakan media buku bacaan anak yang dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 ? 2. bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan menyimpulkan isi cerita siswa dari pengembangan handout menggunakan media buku bacaan anak pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 ? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1. mendeskripsikan penerapan handout dengan menggunakan media buku bacaan anak sehingga dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menyimpulkan isi cerita siswa dengan pengembangan handout menggunakan media buku bacaan anak pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SDN Ajung 02 Kalisat dan pengambilan data dilaksanakn pada tanggal 15 - 24 Mei 2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas V yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : a. proses penerapan pengembangan media handout dengan buku bacaan anak yang dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat. Hal ini dikarenakan siswa tertarik dengan media handout yang dibuat oleh guru sehingga siswa aktif dan tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan siswa terlihat aktif saat melaksanakan kerja kelompok. b. peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pengembangan handout dengan media buku bacaan anak pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat materi menyimpulkan isi cerita anak masuk dalam kategori Baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat hasil belajar siswa pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 82,5% dan pada siklus II persentasenya sebesar 87,5%. Dalam pembelajaran dengan pengembangan handout dengan media buku bacaan anak sebaiknya guru menyiapkan banyak cerita anak dalam pembuatan LKS sehingga dapat melatih siswa dan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dibuat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22431
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository