PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK MELALUI PENGEMBANGAN HANDOUT DARI MEDIA BUKU BACAAN ANAK SISWA KELAS V SDN AJUNG 02 KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak sekolah yang masih
memberlakukan pendekatan konvensional yang kurang efektif sehingga menimbulkan
kejenuhan siswa di dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Ajung 02
Kalisat Jember, terdapat beberapa permasalahan yaitu siswa cenderung pasif dan
bosan dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena guru hanya menggunakan metode
ceramah dan tidak menggunakan media sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh
karena itu, digunakan pengembangan handout dengan media buku bacaan anak untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu :
1. bagaimanakah penerapan pengembangan handout dengan menggunakan media
buku bacaan anak yang dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi cerita
pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2011/2012 ?
2. bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan menyimpulkan isi cerita
siswa dari pengembangan handout menggunakan media buku bacaan anak pada
siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2011/2012 ?
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
1. mendeskripsikan penerapan handout dengan menggunakan media buku bacaan
anak sehingga dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2011/2012.
2. untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menyimpulkan isi cerita siswa
dengan pengembangan handout menggunakan media buku bacaan anak pada
siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2011/2012.
Penelitian ini dilakukan di SDN Ajung 02 Kalisat dan pengambilan data
dilaksanakn pada tanggal 15 - 24 Mei 2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa
Kelas V yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang akan
menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
dokumentasi, observasi, wawancara dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut :
a. proses penerapan pengembangan media handout dengan buku bacaan anak yang
dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SDN
Ajung 02 Kalisat. Hal ini dikarenakan siswa tertarik dengan media handout yang
dibuat oleh guru sehingga siswa aktif dan tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan
belajar mengajar dan siswa terlihat aktif saat melaksanakan kerja kelompok.
b. peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pengembangan handout
dengan media buku bacaan anak pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat materi
menyimpulkan isi cerita anak masuk dalam kategori Baik. Peningkatan tersebut
dapat dilihat hasil belajar siswa pada siklus I persentase hasil belajar sebesar
82,5% dan pada siklus II persentasenya sebesar 87,5%.
Dalam pembelajaran dengan pengembangan handout dengan media buku
bacaan anak sebaiknya guru menyiapkan banyak cerita anak dalam pembuatan LKS
sehingga dapat melatih siswa dan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang telah dibuat.