Show simple item record

dc.contributor.authorEndhika Dwi Kadariyanto
dc.date.accessioned2014-01-23T08:28:39Z
dc.date.available2014-01-23T08:28:39Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204260
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22431
dc.description.abstractKenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak sekolah yang masih memberlakukan pendekatan konvensional yang kurang efektif sehingga menimbulkan kejenuhan siswa di dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Ajung 02 Kalisat Jember, terdapat beberapa permasalahan yaitu siswa cenderung pasif dan bosan dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, digunakan pengembangan handout dengan media buku bacaan anak untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu : 1. bagaimanakah penerapan pengembangan handout dengan menggunakan media buku bacaan anak yang dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 ? 2. bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan menyimpulkan isi cerita siswa dari pengembangan handout menggunakan media buku bacaan anak pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 ? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1. mendeskripsikan penerapan handout dengan menggunakan media buku bacaan anak sehingga dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menyimpulkan isi cerita siswa dengan pengembangan handout menggunakan media buku bacaan anak pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SDN Ajung 02 Kalisat dan pengambilan data dilaksanakn pada tanggal 15 - 24 Mei 2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas V yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : a. proses penerapan pengembangan media handout dengan buku bacaan anak yang dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat. Hal ini dikarenakan siswa tertarik dengan media handout yang dibuat oleh guru sehingga siswa aktif dan tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan siswa terlihat aktif saat melaksanakan kerja kelompok. b. peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pengembangan handout dengan media buku bacaan anak pada siswa kelas V SDN Ajung 02 Kalisat materi menyimpulkan isi cerita anak masuk dalam kategori Baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat hasil belajar siswa pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 82,5% dan pada siklus II persentasenya sebesar 87,5%. Dalam pembelajaran dengan pengembangan handout dengan media buku bacaan anak sebaiknya guru menyiapkan banyak cerita anak dalam pembuatan LKS sehingga dapat melatih siswa dan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dibuat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204260;
dc.subjectPengembangan Handout dari Media Buku Bacaan Anak Siswaen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK MELALUI PENGEMBANGAN HANDOUT DARI MEDIA BUKU BACAAN ANAK SISWA KELAS V SDN AJUNG 02 KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record