• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Globalisasi Semester 2 di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember

    Thumbnail
    View/Open
    VINDI AMELYANA PUTRI.odt (263.9Kb)
    Date
    2016
    Author
    Vindi Amelyana Putri
    Yayuk Mardiati
    Syarifuddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PKn merupakan mata pelajaran yang menfokuskan pada pembentukan  warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Problem-based learning berbantukan media video adalah pembelajaran yang dimulai dari memunculkan suatu masalah dilingkungan dan mencari solusi dari permasalahan, pembelajaran yang melibatkan siswa dalam prosesnya akan membuat pembelajaran tersebut lebih lama diingatan siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa kelas IV pada  mata pembelajaran PKn  pokok bahasan globalisasi di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember melalui penerapan problem-based learning berbantuan media video. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir silkus, pertemuan kedua terdiri dari 1 pertemuan dan satu kali tes di akhir siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tegalgede 02 SumbersariJember yang berjumlah 31 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan problem-based learning berbatuan media video, hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 40,5 % meningkat pada siklus I sebesar 62,90 % meningkat lagi menjadi 77,41 % pada siklus II. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus sebesar 61 % menjadi 70,45 % pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,12 % pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77546
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository