PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan
menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teoriteori
atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang
harus difahami secara mendalam. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat
membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM). Sesuai dengan sifat fisika, maka diperlukan suatu strategi
pembelajaran yang cocok. Salah satunya adalah strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji
hasil belajar siswa pada penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik
Mind Mapping dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) mengetahui aktivitas
belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal
Teaching dengan teknik Mind Mapping, dan (3) mengetahui retensi hasil belajar
siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 2 Panji. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random
sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test
design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji 𝑡𝑡 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan uji 𝑟𝑟 untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga.
Analisis data menggunakan uji 𝑡𝑡 diperoleh nilai 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖 𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖=2,26 dan nilai 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 = 1,99 sehingga 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖 𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 >𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡, maka hipotesis nihil (𝐻𝐻0) ditolak dan hipotesis kerja (𝐻𝐻𝑎 ) diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,32% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji 𝑟𝑟 diperoleh nilai 𝑟𝑟𝑥𝑥𝑥𝑥=0,73 dan dapat dikategorikan tinggi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011, (2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping termasuk dalam kategori aktif, dan (3) retensi hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dapat dikategorikan tinggi.