• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Venny Wijayanti.pdf (121.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Venny Wijayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teoriteori atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang harus difahami secara mendalam. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sesuai dengan sifat fisika, maka diperlukan suatu strategi pembelajaran yang cocok. Salah satunya adalah strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji hasil belajar siswa pada penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) mengetahui aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping, dan (3) mengetahui retensi hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Panji. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji 𝑡𝑡 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan uji 𝑟𝑟 untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Analisis data menggunakan uji 𝑡𝑡 diperoleh nilai 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖 𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖=2,26 dan nilai 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 = 1,99 sehingga 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖 𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 >𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡, maka hipotesis nihil (𝐻𝐻0) ditolak dan hipotesis kerja (𝐻𝐻𝑎 ) diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,32% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji 𝑟𝑟 diperoleh nilai 𝑟𝑟𝑥𝑥𝑥𝑥=0,73 dan dapat dikategorikan tinggi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011, (2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping termasuk dalam kategori aktif, dan (3) retensi hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dapat dikategorikan tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22268
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository