dc.description.abstract | Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan
menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teoriteori
atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang
harus difahami secara mendalam. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat
membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM). Sesuai dengan sifat fisika, maka diperlukan suatu strategi
pembelajaran yang cocok. Salah satunya adalah strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji
hasil belajar siswa pada penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik
Mind Mapping dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) mengetahui aktivitas
belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal
Teaching dengan teknik Mind Mapping, dan (3) mengetahui retensi hasil belajar
siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 2 Panji. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random
sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test
design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji ๐ก๐ก untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan uji ๐๐ untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga.
Analisis data menggunakan uji ๐ก๐ก diperoleh nilai ๐ก๐กโ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐=2,26 dan nilai ๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก = 1,99 sehingga ๐ก๐กโ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ >๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก๐ก, maka hipotesis nihil (๐ป๐ป0) ditolak dan hipotesis kerja (๐ป๐ป๐ ) diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,32% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji ๐๐ diperoleh nilai ๐๐๐ฅ๐ฅ๐ฅ๐ฅ=0,73 dan dapat dikategorikan tinggi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011, (2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping termasuk dalam kategori aktif, dan (3) retensi hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dapat dikategorikan tinggi. | en_US |