ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STUKTUR MODAL (STUDI PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG GO PUBLIC DI BEI).
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
variabel Pertumbuhan penjualan, Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Laverage
Operasi terhadap Struktur Modal, baik secara simultan maupun parsial dengan
sampel industri Food and Beverages yang go public di BEI.
“ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR
MODAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG GO
PUBLIC DI BEI”, merupakan penelitian explanatory. Penelitian
explanatorydengan mencari ada atau tidaknya hubungan antara variabel-variabel
yang diteliti melalui suatu pengujian hipotesis yang dilakukan. Jenis data yang
digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia Capital
Market Directory, jurnal ilmiah, Prospectus masing-masing emiten serta majalah
atau koran yang memuat informasi yang berkaitan dengan perusahaan food and
beverage. Jenis data yang dikumpulkan adalah laporan keuangan perusahaan food
and beverage untuk periode tahun 2008 sampai tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan penjualan
(X1) berpengaruh positif terhadap struktur modal dan variabel profitabilitas (X3),
dan varibel laverage operasi (X4) berpengaruh negatif terhadap struktur modal.
Sedangkan variabel struktur aktiva (X2) tidak berpengaruh terhadap struktur
modal. Dengan demikian variabel pertumbuhan penjualan (X1), variabel
profitabilitas (X3) dan variabel laverage operasi (X4) layak untuk di jadikan
kebijakan bagi perusahaan Food and Beverages yang Go Public di BEI.