PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PANARUKAN
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa
dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini
juga berlangsung di SMP Negeri 1 Panarukan, namun tujuan untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai.
Berdasarkan hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa
kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari
hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan pada
hari Senin, 21 Februari 2011 dapat diketahui bahwa 39,2% siswa aktif
memperhatikan penjelasan guru, 35,29 % siswa aktif mencatat, 24,25 % siswa
aktif bertanya, dan 31,3 % siswa aktif menjawab pertanyaan guru. Jadi skor ratarata
aktivitas belajar siswa 32.57 %, sehingga termasuk dalam kriteria kurang
aktif. Hasil belajar fisika siswa di kelas VIII B juga masih rendah. Hal ini
ditunjukkan berdasarkan data kelas dari 34 siswa, hanya 15 orang atau hanya
44,12 % siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, sedangkan 19 orang atau hanya
55,88 % siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 70.
Berdasar uraian di atas, maka diperlukan perbaikan dan pembelajaran
melalui menggunakan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi
everyone is a teacher here. Metode pembelajaran peer teaching dengan strategi
everyone is a teacher here merupakan salah satu pembelajaran aktif, dimana
setiap siswa bisa menjadi tutor atau guru bagi teman-temannya dan mempunyai
kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk menerangkan layaknya seorang
tutor atau guru.