• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PANARUKAN

    Thumbnail
    View/Open
    K (210)k_1fkip.pdf (1.096Mb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Agung Prasetyo Utomo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMP Negeri 1 Panarukan, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai. Berdasarkan hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan pada hari Senin, 21 Februari 2011 dapat diketahui bahwa 39,2% siswa aktif memperhatikan penjelasan guru, 35,29 % siswa aktif mencatat, 24,25 % siswa aktif bertanya, dan 31,3 % siswa aktif menjawab pertanyaan guru. Jadi skor ratarata aktivitas belajar siswa 32.57 %, sehingga termasuk dalam kriteria kurang aktif. Hasil belajar fisika siswa di kelas VIII B juga masih rendah. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data kelas dari 34 siswa, hanya 15 orang atau hanya 44,12 % siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, sedangkan 19 orang atau hanya 55,88 % siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 70. Berdasar uraian di atas, maka diperlukan perbaikan dan pembelajaran melalui menggunakan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here. Metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here merupakan salah satu pembelajaran aktif, dimana setiap siswa bisa menjadi tutor atau guru bagi teman-temannya dan mempunyai kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk menerangkan layaknya seorang tutor atau guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22212
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3432]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository