Show simple item record

dc.contributor.authorAgung Prasetyo Utomo
dc.date.accessioned2014-01-23T05:45:16Z
dc.date.available2014-01-23T05:45:16Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210192133
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22212
dc.description.abstractPembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMP Negeri 1 Panarukan, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai. Berdasarkan hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan pada hari Senin, 21 Februari 2011 dapat diketahui bahwa 39,2% siswa aktif memperhatikan penjelasan guru, 35,29 % siswa aktif mencatat, 24,25 % siswa aktif bertanya, dan 31,3 % siswa aktif menjawab pertanyaan guru. Jadi skor ratarata aktivitas belajar siswa 32.57 %, sehingga termasuk dalam kriteria kurang aktif. Hasil belajar fisika siswa di kelas VIII B juga masih rendah. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data kelas dari 34 siswa, hanya 15 orang atau hanya 44,12 % siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, sedangkan 19 orang atau hanya 55,88 % siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 70. Berdasar uraian di atas, maka diperlukan perbaikan dan pembelajaran melalui menggunakan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here. Metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here merupakan salah satu pembelajaran aktif, dimana setiap siswa bisa menjadi tutor atau guru bagi teman-temannya dan mempunyai kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk menerangkan layaknya seorang tutor atau guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192133;
dc.subjectBELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PANARUKANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record