• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN KELAS VIIID SMPN 5 TANGGUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (151)x_1.pdf (599.6Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Ajeng Cahyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru SMP Negeri 5 Tanggul diketahui bahwa siswa tergolong kurang aktif selama proses pembelajaran, sehingga hasil belajarnya juga kurang terutama pada materi keliling dan luas lingkaran. Kebanyakan siswa hanya menghafal rumus-rumus keliling dan luas lingkaran. Siswa kurang dilibatkan dalam menentukan nilai phi, menemukan rumus keliling dan luas lingkaran. Sehingga dalam pembelajaran pada materi ini peneliti menggunakan pendekatan SAVI karena pendekatan SAVI merupakan pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan semua alat indera dan aktivitas intelektual yang dimiliki siswa, dengan begitu dimungkinkan siswa bisa lebih aktif selama proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Tanggul yang berjumlah 43 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode tes.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21944
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository