PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN KELAS VIIID SMPN 5 TANGGUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru SMP Negeri 5
Tanggul diketahui bahwa siswa tergolong kurang aktif selama proses pembelajaran,
sehingga hasil belajarnya juga kurang terutama pada materi keliling dan luas
lingkaran. Kebanyakan siswa hanya menghafal rumus-rumus keliling dan luas
lingkaran. Siswa kurang dilibatkan dalam menentukan nilai phi, menemukan rumus
keliling dan luas lingkaran. Sehingga dalam pembelajaran pada materi ini peneliti
menggunakan pendekatan SAVI karena pendekatan SAVI merupakan pendekatan
pembelajaran yang memanfaatkan semua alat indera dan aktivitas intelektual yang
dimiliki siswa, dengan begitu dimungkinkan siswa bisa lebih aktif selama proses
belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas
siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan SAVI.
Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 5
Tanggul yang berjumlah 43 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah
adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Pendekatan
penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi,
metode wawancara, dan metode tes.