• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGUATAN VERBAL DAN PENGUATAN GESTURAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR

    Thumbnail
    View/Open
    S (177)s_1.pdf (100.8Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Yeti Sudarwati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai pengaruh penguatan verbal dan penguatan gestural terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2011/2012, maka dapat disimpulkan bahwa penguatan verbal dan penguatan gestural mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Persentase pengaruh kedua penguatan verbal dan penguatan gestural tersebut terhadap aktivitas belajar yaitu sebesar 82,9%. Pemberian penguatan verbal dan penguatan gestural merupakan komponen yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Pemberian penguatan verbal sifatnya sangat mendukung penguatan gestural. Ketika penguatan verbal dan penguatan gestural berpengaruh, hal ini terbukti dari perhitungan secara parsial bahwa penguatan verbal dan penguatan gestural mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Jember. Pengaruh penguatan verbal terhadap aktivitas belajar sebesar 58%, sedangkan pengaruh penguatan gestural terhadap aktivitas siswa sebesar 24,4%. Hal ini berarti dari kedua penguatan yaitu penguatan verbal dan penguatan gestural terbukti bahwa penguatan verbal memiliki pengaruh paling dominan terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2011/2012. 5.2 Saran Sehubung dengan diadakannya penelitian yang berjudul “Pengaruh Penguatan Verbal dan Penguatan Gestural terhadap Aktivitas Belajar (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2011/2012)” maka disampaikan saran sebagai berikut: 66 67 a. Bagi siswa, dengan dukungan penguatan yang diberikan oleh guru hendaknya siswa dapat memaksimalkan aktivitas belajarnya sehingga siswa akan lebih berpengetahuan, lebih percaya diri, lebih kritis serta dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar. b. Bagi guru bidang studi, dapat mempertahankan penggunaan penguatan verbal dan penguatan gestural sehingga dapat memperkuat aktivitas belajar siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21887
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository