PENGARUH PENGUATAN VERBAL DAN PENGUATAN GESTURAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR
Abstract
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai
pengaruh penguatan verbal dan penguatan gestural terhadap aktivitas belajar siswa
kelas XI mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran
2011/2012, maka dapat disimpulkan bahwa penguatan verbal dan penguatan
gestural mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa.
Persentase pengaruh kedua penguatan verbal dan penguatan gestural tersebut
terhadap aktivitas belajar yaitu sebesar 82,9%.
Pemberian penguatan verbal dan penguatan gestural merupakan komponen
yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Pemberian penguatan verbal sifatnya
sangat mendukung penguatan gestural. Ketika penguatan verbal dan penguatan
gestural berpengaruh, hal ini terbukti dari perhitungan secara parsial bahwa
penguatan verbal dan penguatan gestural mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Jember. Pengaruh
penguatan verbal terhadap aktivitas belajar sebesar 58%, sedangkan pengaruh
penguatan gestural terhadap aktivitas siswa sebesar 24,4%. Hal ini berarti dari
kedua penguatan yaitu penguatan verbal dan penguatan gestural terbukti bahwa
penguatan verbal memiliki pengaruh paling dominan terhadap aktivitas belajar
siswa kelas XI mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember tahun
ajaran 2011/2012.
5.2 Saran
Sehubung dengan diadakannya penelitian yang berjudul “Pengaruh
Penguatan Verbal dan Penguatan Gestural terhadap Aktivitas Belajar (Studi Kasus
pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2011/2012)” maka disampaikan saran sebagai berikut:
66
67
a. Bagi siswa, dengan dukungan penguatan yang diberikan oleh guru hendaknya
siswa dapat memaksimalkan aktivitas belajarnya sehingga siswa akan lebih
berpengetahuan, lebih percaya diri, lebih kritis serta dapat mendukung
kelancaran proses belajar mengajar.
b. Bagi guru bidang studi, dapat mempertahankan penggunaan penguatan verbal
dan penguatan gestural sehingga dapat memperkuat aktivitas belajar siswa
demi tercapainya tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan