Show simple item record

dc.contributor.authorYeti Sudarwati
dc.date.accessioned2014-01-23T03:18:36Z
dc.date.available2014-01-23T03:18:36Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210391004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21887
dc.description.abstractBerdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai pengaruh penguatan verbal dan penguatan gestural terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2011/2012, maka dapat disimpulkan bahwa penguatan verbal dan penguatan gestural mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Persentase pengaruh kedua penguatan verbal dan penguatan gestural tersebut terhadap aktivitas belajar yaitu sebesar 82,9%. Pemberian penguatan verbal dan penguatan gestural merupakan komponen yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Pemberian penguatan verbal sifatnya sangat mendukung penguatan gestural. Ketika penguatan verbal dan penguatan gestural berpengaruh, hal ini terbukti dari perhitungan secara parsial bahwa penguatan verbal dan penguatan gestural mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Jember. Pengaruh penguatan verbal terhadap aktivitas belajar sebesar 58%, sedangkan pengaruh penguatan gestural terhadap aktivitas siswa sebesar 24,4%. Hal ini berarti dari kedua penguatan yaitu penguatan verbal dan penguatan gestural terbukti bahwa penguatan verbal memiliki pengaruh paling dominan terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2011/2012. 5.2 Saran Sehubung dengan diadakannya penelitian yang berjudul “Pengaruh Penguatan Verbal dan Penguatan Gestural terhadap Aktivitas Belajar (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2011/2012)” maka disampaikan saran sebagai berikut: 66 67 a. Bagi siswa, dengan dukungan penguatan yang diberikan oleh guru hendaknya siswa dapat memaksimalkan aktivitas belajarnya sehingga siswa akan lebih berpengetahuan, lebih percaya diri, lebih kritis serta dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar. b. Bagi guru bidang studi, dapat mempertahankan penggunaan penguatan verbal dan penguatan gestural sehingga dapat memperkuat aktivitas belajar siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran seperti yang diharapkanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391004;
dc.subjectVERBAL DAN PENGUATAN GESTURALen_US
dc.titlePENGARUH PENGUATAN VERBAL DAN PENGUATAN GESTURAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJARen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record