• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN

    Thumbnail
    View/Open
    S (328)s_1.pdf (640.3Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    YULIATININGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas belajar dan disiplin siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Kewirausahaan (Studi Kasus Pada Siswa SMKN 2 Jember Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008/2009) dan untuk mengetahui variabel aktivitas belajar dan disipin siswa yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan. Metode penentuan daerah penelitian adalah puposive yaitu di SMKN 2 Jember, sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan metode proporsional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 85 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dan analisis deskriptif . Analisis deskriptif dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang diolah dalam analisis inferensial adalah data utama yaitu angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan disiplin siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa SMKN 2 Jember kelas X semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung > Ftabel (88,795 > 3,108) dengan tingkat α = 0,05 > Sig.F = 0,000. Koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 68,4% yang berartibahwa variabel aktivitas belajar dan disiplin siswa memberikan sumbangan sebesar 68,4% terhadap hasil belajar Kewirausahaan. Besarnya proporsi sumbangan untuk variabel aktivitas belajar (X 1 ) sebesar 40,95% dan disiplin siswa (X ) sebesar 27,66%. Berdasarkan data terebut variabel aktivitas belajar (X ) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa SMKN 2 Jember kelas X semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 bila dibandingkan dengan variabel disiplin siswa (X ). 2 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21739
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository