Show simple item record

dc.contributor.authorYULIATININGSIH
dc.date.accessioned2014-01-23T02:03:18Z
dc.date.available2014-01-23T02:03:18Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM040210301171
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21739
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas belajar dan disiplin siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Kewirausahaan (Studi Kasus Pada Siswa SMKN 2 Jember Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008/2009) dan untuk mengetahui variabel aktivitas belajar dan disipin siswa yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan. Metode penentuan daerah penelitian adalah puposive yaitu di SMKN 2 Jember, sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan metode proporsional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 85 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dan analisis deskriptif . Analisis deskriptif dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang diolah dalam analisis inferensial adalah data utama yaitu angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan disiplin siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa SMKN 2 Jember kelas X semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung > Ftabel (88,795 > 3,108) dengan tingkat α = 0,05 > Sig.F = 0,000. Koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 68,4% yang berartibahwa variabel aktivitas belajar dan disiplin siswa memberikan sumbangan sebesar 68,4% terhadap hasil belajar Kewirausahaan. Besarnya proporsi sumbangan untuk variabel aktivitas belajar (X 1 ) sebesar 40,95% dan disiplin siswa (X ) sebesar 27,66%. Berdasarkan data terebut variabel aktivitas belajar (X ) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa SMKN 2 Jember kelas X semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 bila dibandingkan dengan variabel disiplin siswa (X ). 2 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210301171;
dc.subjectAKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLINen_US
dc.titlePENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record