PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas belajar dan disiplin siswa
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Kewirausahaan (Studi
Kasus Pada Siswa SMKN 2 Jember Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran
2008/2009) dan untuk mengetahui variabel aktivitas belajar dan disipin siswa yang
mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan.
Metode penentuan daerah penelitian adalah puposive yaitu di SMKN 2
Jember, sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan metode proporsional
random sampling dengan jumlah responden sebanyak 85 siswa. Metode yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode angket, observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dan
analisis deskriptif . Analisis deskriptif dalam penelitian ini adalah data yang berasal
dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis inferensial menggunakan
analisis regresi linier berganda. Data yang diolah dalam analisis inferensial adalah
data utama yaitu angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan disiplin siswa
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa
SMKN 2 Jember kelas X semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Hal ini ditunjukkan
dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung > Ftabel (88,795 > 3,108) dengan tingkat α =
0,05 > Sig.F = 0,000. Koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 68,4% yang
berartibahwa variabel aktivitas belajar dan disiplin siswa memberikan sumbangan
sebesar 68,4% terhadap hasil belajar Kewirausahaan. Besarnya proporsi sumbangan
untuk variabel aktivitas belajar (X
1
) sebesar 40,95% dan disiplin siswa (X
) sebesar
27,66%. Berdasarkan data terebut variabel aktivitas belajar (X
) mempunyai
pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa SMKN 2
Jember kelas X semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 bila dibandingkan dengan
variabel disiplin siswa (X
).
2
Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.