Show simple item record

dc.contributor.authorN u r i l H i f dz i y ah
dc.date.accessioned2014-01-22T03:06:21Z
dc.date.available2014-01-22T03:06:21Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM090210204089
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20609
dc.description.abstractB e rd a sa rk a n y a n g te rc a ntum di da lam ku rikulu m ti ng ka t sa tuan pe ndi dikan, pe mbela jar a n a pr e siasi sa stra be rtujua n a ga r si swa menikmati da n mema nf a a tkan ka r y a s a stra untuk m e mper luas w a wa s a n, mempe rha lus budi pe ke rti, se rta mening ka tk a n pe n g e tah ua n da n ke mampua n be rba ha s a , da n ju g a a g a r sis wa me ng h a r g a i da n memb a ngga ka n sa str a I ndone sia se ba g a i kha z a na h b uda y a da n int e lektua l manusia I n done sia. P e mbela jar a n menulis puisi a da lah ke g i a tan menda lami se ni sa str a di I ndon e sia, se hin gga tum buh pe n g e rtian, p e maha man, pe ng h a r g a a n a t a u sikap posi ti f ter ha da p nil a i nil a i y a n g ter k a ndun g di d a lam ka r y a sa stra ter se but. Na mun, ke ter a mpi lan menulis puisi sis wa ke las V S DN B a de a n 01 J e mber masih re nd a h di ka re na k a n diksi y a n g di g una k a n sis wa kur a n g menga ndun g unsur ke indaha n d a n kur a ng b e rma kn a tema y a n g ter ka nd un g da l a m pui si t idak se suai de nga n tema y a n g sud a h dit e ntukan, puisi y a ng dibuat sis wa k e ba n y a k a n ti da k memil iki judul , g ur u ti da k membim bing sis wa da lam menulis puisi , maka untuk menga tasi masa l a h ter s e but diper lukan t e knik ter tentu y a n g membu a t sis wa te rta rik untuk menulis puisi . Te knik menulis puisi y a n g dit e ra pka n a d a lah tekni k a kr osti k. Te knik a kr osti k dipi li h k a re na d e n g a n teknik ini pe mbela jar a n menulis puisi menja di mena rik da n men y e na n gka n. Per m as al ah an d al am pene l i t i a n i ni y ai t u ( 1 ) bag ai m an ak ah pene r apa n t ek ni k ak r ost i k y ang dapa t m eni ng k at k an ket e r am pi l an m enul i s pui s i s i swa k el as V SD N B ade an 01 Je m ber T ah un Pel a j a r an 2012 / 201 3 ?, dan ( 2) bag ai m ana k ah peni ng k at an k et er am pi l an m enul i s pui si se t e l ah p em bel a j a r an de ng an t ek ni k ak r ost i k si swa k el as V SD N B ade an 01 J e m ber T ahun Pel a j ar an 20 12/ 2 013?. A dapun t u j ua n pen el i t i an i ni ada l ah ( 1 ) m ende sk r i ps i k an pene r a pan t ek ni k ak r ost i k dal am pem bel a j a r an m enul i s pui si s i swa k el a s V SD N B ade an 01 J em ber T ahu n Pel a j ar an x 2012/2013, dan (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi setelah pembelajaran dengan teknik akrostik siswa kelas V SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan di SDN Badean 01 Jember. Subjek penelitian, yaitu kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 orang yang terdiri atas siswa laki-laki sebanyak 19 orang dan siswa perempuan sebanyak 19 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan tes. Penerapan teknik akrostik yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Badean 01 Jember adalah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah menulis puisi dengan teknik akrostik, yaitu tahap menentukan tema puisi, memilih kata yang sesuai dengan tema, menyusun kata yang dipilih secara vertikal, menyusun diksi dari huruf awal dari kata yang tersusun secara vertikal, serta taham penyuntingan. Pembelajaran tersebut tidak lepas dari bimbingan dari guru agar siswa tidak mengalami kesulitan. Hasil pembelajaran menulis puisi melalui teknik akrostik terlihat adanya peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil tes menulis puisi pada siswa kelas V SDN Badean 01 Jember dengan persentase ketuntasan 34% pada prasiklus, menjadi 71% pada siklus I, dan meningkat menjadi 87% pada siklus II. Adapun saran yang diharapkan dari kegiatan penelitian ini, yaitu menjadikan teknik akrostik sebagai salah satu pilihan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi oleh guru di kelas. Meningkatkan minat siswa untuk belajar menulis puisi serta memiliki keberanian untuk bertanya jika mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Teknik akrostik dapat dijadikan sebagai acuan oleh peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa, serta menjadi acuan untuk menemukan alternatif teknik pembelajaran lain yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries09021 020408 9;
dc.subjectK E T E R A MP ILA N MEN U L IS P U ISI,SD N B A D E A N 01 JE MBE Ren_US
dc.titleP en i ngk a t an K et e ra m pi l an Me nu l i s P ui si m e l al u i T eknik A krost i k pad a Sis w a K e l as V SD N B ad ean 01 Jem be r T ahu n P e l aj a ran 2012/ 2 013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record