P en i ngk a t an K et e ra m pi l an Me nu l i s P ui si m e l al u i T eknik A krost i k pad a Sis w a K e l as V SD N B ad ean 01 Jem be r T ahu n P e l aj a ran 2012/ 2 013
Abstract
B
e
rd
a
sa
rk
a
n
y
a
n
g
te
rc
a
ntum
di
da
lam
ku
rikulu
m
ti
ng
ka
t
sa
tuan
pe
ndi
dikan,
pe
mbela
jar
a
n
a
pr
e
siasi
sa
stra
be
rtujua
n
a
ga
r
si
swa
menikmati
da
n
mema
nf
a
a
tkan
ka
r
y
a
s
a
stra
untuk
m
e
mper
luas
w
a
wa
s
a
n,
mempe
rha
lus
budi
pe
ke
rti,
se
rta
mening
ka
tk
a
n
pe
n
g
e
tah
ua
n
da
n
ke
mampua
n
be
rba
ha
s
a
,
da
n
ju
g
a
a
g
a
r
sis
wa
me
ng
h
a
r
g
a
i
da
n
memb
a
ngga
ka
n
sa
str
a
I
ndone
sia
se
ba
g
a
i
kha
z
a
na
h
b
uda
y
a
da
n
int
e
lektua
l
manusia
I
n
done
sia.
P
e
mbela
jar
a
n
menulis
puisi
a
da
lah
ke
g
i
a
tan
menda
lami
se
ni
sa
str
a
di
I
ndon
e
sia,
se
hin
gga
tum
buh
pe
n
g
e
rtian,
p
e
maha
man,
pe
ng
h
a
r
g
a
a
n
a
t
a
u
sikap
posi
ti
f
ter
ha
da
p
nil
a
i
nil
a
i
y
a
n
g
ter
k
a
ndun
g
di
d
a
lam
ka
r
y
a
sa
stra
ter
se
but.
Na
mun,
ke
ter
a
mpi
lan
menulis
puisi
sis
wa
ke
las
V
S
DN
B
a
de
a
n
01
J
e
mber
masih
re
nd
a
h
di
ka
re
na
k
a
n
diksi
y
a
n
g
di
g
una
k
a
n
sis
wa
kur
a
n
g
menga
ndun
g
unsur
ke
indaha
n
d
a
n
kur
a
ng
b
e
rma
kn
a
tema
y
a
n
g
ter
ka
nd
un
g
da
l
a
m
pui
si
t
idak
se
suai
de
nga
n
tema
y
a
n
g
sud
a
h
dit
e
ntukan,
puisi
y
a
ng
dibuat
sis
wa
k
e
ba
n
y
a
k
a
n
ti
da
k
memil
iki
judul
,
g
ur
u
ti
da
k
membim
bing
sis
wa
da
lam
menulis
puisi
,
maka
untuk
menga
tasi
masa
l
a
h
ter
s
e
but
diper
lukan
t
e
knik
ter
tentu
y
a
n
g
membu
a
t
sis
wa
te
rta
rik
untuk
menulis
puisi
.
Te
knik
menulis
puisi
y
a
n
g
dit
e
ra
pka
n
a
d
a
lah
tekni
k
a
kr
osti
k.
Te
knik
a
kr
osti
k
dipi
li
h
k
a
re
na
d
e
n
g
a
n
teknik
ini
pe
mbela
jar
a
n
menulis
puisi
menja
di
mena
rik da
n men
y
e
na
n
gka
n.
Per
m
as
al
ah
an
d
al
am
pene
l
i
t
i
a
n
i
ni
y
ai
t
u
(
1
)
bag
ai
m
an
ak
ah
pene
r
apa
n
t
ek
ni
k
ak
r
ost
i
k
y
ang
dapa
t
m
eni
ng
k
at
k
an
ket
e
r
am
pi
l
an
m
enul
i
s
pui
s
i
s
i
swa
k
el
as
V
SD
N
B
ade
an
01
Je
m
ber
T
ah
un
Pel
a
j
a
r
an
2012
/
201
3
?,
dan
(
2)
bag
ai
m
ana
k
ah
peni
ng
k
at
an
k
et
er
am
pi
l
an
m
enul
i
s
pui
si
se
t
e
l
ah
p
em
bel
a
j
a
r
an
de
ng
an
t
ek
ni
k
ak
r
ost
i
k
si
swa
k
el
as
V
SD
N
B
ade
an
01
J
e
m
ber
T
ahun
Pel
a
j
ar
an 20
12/
2
013?.
A
dapun
t
u
j
ua
n
pen
el
i
t
i
an
i
ni
ada
l
ah
(
1
)
m
ende
sk
r
i
ps
i
k
an
pene
r
a
pan
t
ek
ni
k
ak
r
ost
i
k
dal
am
pem
bel
a
j
a
r
an
m
enul
i
s
pui
si
s
i
swa
k
el
a
s
V
SD
N
B
ade
an
01
J
em
ber
T
ahu
n
Pel
a
j
ar
an
x
2012/2013, dan (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi setelah pembelajaran
dengan teknik akrostik siswa kelas V SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini dilakukan di SDN Badean 01 Jember. Subjek penelitian, yaitu
kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 orang yang terdiri atas siswa
laki-laki sebanyak 19 orang dan siswa perempuan sebanyak 19 orang. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
meliputi: observasi, wawancara, dan tes.
Penerapan teknik akrostik yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi
pada siswa kelas V SDN Badean 01 Jember adalah pembelajaran yang dilakukan
sesuai dengan langkah-langkah menulis puisi dengan teknik akrostik, yaitu tahap
menentukan tema puisi, memilih kata yang sesuai dengan tema, menyusun kata yang
dipilih secara vertikal, menyusun diksi dari huruf awal dari kata yang tersusun secara
vertikal, serta taham penyuntingan. Pembelajaran tersebut tidak lepas dari bimbingan
dari guru agar siswa tidak mengalami kesulitan. Hasil pembelajaran menulis puisi
melalui teknik akrostik terlihat adanya peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan
peningkatan hasil tes menulis puisi pada siswa kelas V SDN Badean 01 Jember
dengan persentase ketuntasan 34% pada prasiklus, menjadi 71% pada siklus I, dan
meningkat menjadi 87% pada siklus II.
Adapun saran yang diharapkan dari kegiatan penelitian ini, yaitu menjadikan teknik
akrostik sebagai salah satu pilihan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi oleh guru
di kelas. Meningkatkan minat siswa untuk belajar menulis puisi serta memiliki keberanian
untuk bertanya jika mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Teknik akrostik dapat
dijadikan sebagai acuan oleh peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa, serta menjadi
acuan untuk menemukan alternatif teknik pembelajaran lain yang dapat meningkatkan
keterampilan menulis puisi.