PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENGIRIMAN BARANG MELALUI JASA KILAT KHUSUS PT. POS INDONESIA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999
Abstract
Penulisan skripsi yang berjudul “PERLINDUNGAN HUKUM BAGI
KONSUMEN ATAS PENGIRIMAN BARANG MELALUI JASA
PENGIRIMAN KILAT KHUSUS PT. POS INDONESIA MENURUT
UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999”, ini ditulis dengan latar
belakang bahwa banyaknya kasus yang merugikan konsumen khususnya
konsumen pengguna jasa Kilat Khusus PT. Pos Indonesia. Hal ini dibuktikan
dengan adanya keterlambatan, kehilangan, maupun kerusakan kiriman yang
menyebabkan konsumen dirugikan. Selain itu adanya perjanjian baku yang tidak
informatif dan tidak dapat ditawar-tawar lagi semakin membuat konsumen berada
di pihak yang lemah. Hal ini juga diperparah dengan kurangnya kesadaran
konsumen untuk menuntut hak-haknya yang dirugikan kepada PT. Pos Indonesia.
Oleh karena itu perlindungan hukum yang memadai kepada konsumen pengguna
jasa kilat khusus PT. Pos Indonesia ini sangat dibutuhkan.
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana tanggung
jawab PT. Pos Indonesia terhadap kerugian konsumen atas layanan jasa
pengiriman barang secara kilat khusus jika ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8
Tahun 1999 dan juga bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan oleh
konsumen jika mengalami kerugian atas pengiriman barang melalui kilat khusus
yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia.
Tujuan khusus penulisan skripsi ini adalah untuk memahami tanggung
jawab PT. Pos Indonesia terhadap kerugian konsumen dan untuk memberikan
solusi terkait upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen jika mengalami
kerugian atas pengiriman barang melalui kilat khusus yang dilakukan oleh PT.
Pos Indonesia.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]