• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Membaca Cerpen Melalui Pembelajaran Resiprokal Pada Siswa Kelas V SDN Sumber Pandan 02 Bondowoso;

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (118)x_1.pdf (899.5Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Hendra Pratisnojati Shoheh Muttaqin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan membaca merupakan kebutuhan dasar, karena sebagian besar informasi disajikan dalam bentuk tertulis dan hanya dapat diperoleh melalui membaca. Siswa yang tidak mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam menangkap dan memahami informasi yang disajikan dalam berbagai buku pelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan kurangnya kemampuan siswa kelas 5 SD Negeri Sumber Pandan 02 dalam memahami suatu teks cerita. Strategi pembelajaran resiprokal merupakan salah satu strategi yang representatif dalam menjawab permasalahan ini. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah a) Bagaimanakah penerapan pembelajaran resiprokal yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cerpen pada siswa kelas V SDN Sumber Pandan 02 Bondowoso?, dan b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca cerpen siswa kelas V SDN Sumber Pandan 02 Bondowoso setelah dilakukan pembelajaran resiprokal?. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data dilakukan pada tanggal 5-9 Mei 2011. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran berjalan dengan baik. Prosedur pembelajaran membaca cerpen dengan pembelajaran resiprokal berlangsung dalam format diskusi kelompok. Guru membagikan lembar tes viii kemampuan membaca yang disertai cerpen pada masing-masing siswa. Siswa secara individu membaca cerpen yang ada pada lembar tes, lalu masing-masing siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan cerita yang sudah dibacanya. Kemudian siswa saling menukar pertanyaan yang dibuatnya dengan pasangan dalam kelompoknya. Langkah selanjutnya siswa menjawab pertanyaan yang dibuat pasangannya. Setelah selesai siswa mengembalikan lembar pertanyaan kepada pasangannya. Bersama kelompoknya, siswa berdiskusi dan bergantian saling mengklarifikasi hasil jawaban teman kelompoknya. Kemudian, secara individu siswa meringkas cerita pendek dengan menggunakan kalimat sendiri dan memprsentasikan hasilnya. Hasil belajar membaca cerpen siswa kelas V SDN Sumber Pandan 02 setelah diterapkan pembelajaran resiprokal mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan membaca siswa dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 54 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 5 orang (35,7%). Pada siklus I setelah diterapkan pembelajaran resiprokal dalam pembelajaran membaca cerpen terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 62,5 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 10 orang (71,4 %). Pada siklus II nilai rata-rata siswa 76,7 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 13 orang (93 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan membaca cerpen siswa kelas V SDN Sumber Pandan 02 setelah diterapkan pembelajaran resiprokal mengalami peningkatan. Saran-saran yang dapat diberikan : a) bagi guru, jika guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam aspek keterampilan membaca ingin dapat meningkatkan kemampuan membaca siswanya, maka guru dapat menggunakan strategi pembelajaran resiprokal yang dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan membaca siswa. b) bagi siswa, siswa sebaiknya lebih banyak latihan membaca secara bekerjasama dengan temannya, saling membuat dan menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibacanya, kemudian mengklarifikasinya secara bersama-sama, lalu meringkas hasil membacanya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19125
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository