dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan layanan purna jual
sepeda motor merek Honda pada UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS
Motor) Rogojampi-Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan key informan internal
sejumlah 4 (empat) orang yaitu direktur, manager marketing, kepala bengkel dan
AHASS, dan auditor/accounting dan 5 (lima) key informan eksternal dari pelanggan.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis domain dan analisis
taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk layanan purna jual UD.
Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangi
meliputi bengkel resmi, komunikasi, pelayanan perbaikan dan perawatan kendaraan,
ketersediaan suku cadang serta garansi. Layanan yang diberikan oleh dealer dalam
meningkatkan kualitas layanan purna jual melalui kondisi bengkel yang bersih dan
nyaman, ruang tunggu servis full AC dilengkapi home teatre dan ruang tunggu biasa
dengan TV, dan pemberian garansi servis. Para pelanggan menyatakan bahwa bentuk
layanan purna jual yang diberikan mampu memberikan berbagai hal yang dibutuhkan
pelanggan terkait dengan produk-produk yang telah dibeli, sehingga harapan-harapan
pelanggan mayoritas dapat terpenuhi.
Kesimpulannya bahwa dengan layanan purna jual yang berkualitas akan dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan, hal ini akan menjadikan pelanggan sebagai
salesman perusahaan dimana pelanggan diharapkan merekomendasikan kepada pihak
lain mengenai UD Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-
Banyuwangi. Selain itu layanan purna jual akan menjadikan pelanggan sebagai
wahana kontrol kinerja perusahaan melalui berbagai pendapat yang diperoleh dari
pelanggan itu sendiri dalam rangka meningkatkan kualitas layanan terhadap
pelanggan. | en_US |