Layanan Purna Jual Sepeda Motor Merek Honda Pada UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangi
Abstract
Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan
yang bersifat jasa. Dalam kegiatan jasa, pelayanan mempunyai peran penting. Peran
pelayanan akan lebih besar dan bersifat menentukan manakala dalam kegiatankegiatan
jasa
ditengah
masyarakat
terdapat
kompetisi
dalam
usaha
merebut
pasar
atau
langganan.
Kompetisi
menimbulkan
dampak
dalam
perusahaan
yaitu
mereka
bersaing
dalam
pelaksanaan layanan melalui berbagai cara, teknik dan metode yang dapat
menarik lebih banyak orang untuk menggunakan atau memakai jasa atau produk yang
dihasilkan oleh perusahaan, salah satunya adalah bentuk layanan pada alat
transportasi khususnya sepeda motor.
UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) RogojampiBanyuwangi
merupakan salah satu dealer dan jaringan resmi bengkel sepeda motor
Honda atau AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang melayani servis
sepeda motor dari semua type merek Honda serta penjualan suku cadang dan
penjualan sepeda motor baru Honda.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan layanan purna jual
sepeda motor merek Honda pada UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS
Motor) Rogojampi-Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan key informan internal
sejumlah 4 (empat) orang yaitu direktur, manager marketing, kepala bengkel dan
AHASS, dan auditor/accounting dan 5 (lima) key informan eksternal dari pelanggan.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis domain dan analisis
taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk layanan purna jual UD.
Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangi
meliputi bengkel resmi, komunikasi, pelayanan perbaikan dan perawatan kendaraan, ketersediaan suku cadang serta garansi. Layanan yang diberikan oleh dealer dalam
meningkatkan kualitas layanan purna jual melalui kondisi bengkel yang bersih dan
nyaman, ruang tunggu servis full AC dilengkapi home teatre dan ruang tunggu biasa
dengan TV, dan pemberian garansi servis. Para pelanggan menyatakan bahwa bentuk
layanan purna jual yang diberikan mampu memberikan berbagai hal yang dibutuhkan
pelanggan terkait dengan produk-produk yang telah dibeli, sehingga harapan-harapan
pelanggan mayoritas dapat terpenuhi.
Kesimpulannya bahwa dengan layanan purna jual yang berkualitas akan dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan, hal ini akan menjadikan pelanggan sebagai
salesman perusahaan dimana pelanggan diharapkan merekomendasikan kepada pihak
lain mengenai UD Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) RogojampiBanyuwangi.
Selain itu layanan purna jual akan menjadikan pelanggan sebagai
wahana kontrol kinerja perusahaan melalui berbagai pendapat yang diperoleh dari
pelanggan itu sendiri dalam rangka meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.