• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Layanan Purna Jual Sepeda Motor Merek Honda Pada UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Didik Ansori - 080910292008_1.pdf (48.06Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Didik Ansori
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Dalam kegiatan jasa, pelayanan mempunyai peran penting. Peran pelayanan akan lebih besar dan bersifat menentukan manakala dalam kegiatankegiatan jasa ditengah masyarakat terdapat kompetisi dalam usaha merebut pasar atau langganan. Kompetisi menimbulkan dampak dalam perusahaan yaitu mereka bersaing dalam pelaksanaan layanan melalui berbagai cara, teknik dan metode yang dapat menarik lebih banyak orang untuk menggunakan atau memakai jasa atau produk yang dihasilkan oleh perusahaan, salah satunya adalah bentuk layanan pada alat transportasi khususnya sepeda motor. UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) RogojampiBanyuwangi merupakan salah satu dealer dan jaringan resmi bengkel sepeda motor Honda atau AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang melayani servis sepeda motor dari semua type merek Honda serta penjualan suku cadang dan penjualan sepeda motor baru Honda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan layanan purna jual sepeda motor merek Honda pada UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan key informan internal sejumlah 4 (empat) orang yaitu direktur, manager marketing, kepala bengkel dan AHASS, dan auditor/accounting dan 5 (lima) key informan eksternal dari pelanggan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk layanan purna jual UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangi meliputi bengkel resmi, komunikasi, pelayanan perbaikan dan perawatan kendaraan, ketersediaan suku cadang serta garansi. Layanan yang diberikan oleh dealer dalam meningkatkan kualitas layanan purna jual melalui kondisi bengkel yang bersih dan nyaman, ruang tunggu servis full AC dilengkapi home teatre dan ruang tunggu biasa dengan TV, dan pemberian garansi servis. Para pelanggan menyatakan bahwa bentuk layanan purna jual yang diberikan mampu memberikan berbagai hal yang dibutuhkan pelanggan terkait dengan produk-produk yang telah dibeli, sehingga harapan-harapan pelanggan mayoritas dapat terpenuhi. Kesimpulannya bahwa dengan layanan purna jual yang berkualitas akan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, hal ini akan menjadikan pelanggan sebagai salesman perusahaan dimana pelanggan diharapkan merekomendasikan kepada pihak lain mengenai UD Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) RogojampiBanyuwangi. Selain itu layanan purna jual akan menjadikan pelanggan sebagai wahana kontrol kinerja perusahaan melalui berbagai pendapat yang diperoleh dari pelanggan itu sendiri dalam rangka meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9789
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository