PE N G E M B AN G AN PERAN GK AT P E M B E L AJA RA N M ATE M A T IK A M ODE L MIS S OU R I M A THE MA TIC S PROJE C T (M M P ) B E RBAN T UA N M E DIA P E M B E L AJA RA N E LEA R NIN G M OO DLE P AD A P O K OK B AHASAN FUN G S I K OM P OS IS I DA N F UN G S I INV E RS K E L AS XI IPS S E M E S T E R G E NA P T AHUN AJA RA N 20 1 2 /2013
Abstract
RIN
GK
ASAN
P
e
n
ge
m
b
an
gan
P
e
r
an
gk
at
P
e
m
b
e
lajar
an
M
a
te
m
at
ik
a
M
od
e
l
Mi
sso
u
ri
Mat
h
e
m
a
ti
c
s
Projec
t
B
e
r
b
an
tuan
M
e
d
ia
P
e
m
b
e
lajar
an
E
learn
in
g
Mo
odle
P
ad
a
P
ok
ok
B
ah
asan
F
u
n
gsi
K
o
m
p
osis
i
d
an
F
u
n
gsi
In
ve
r
s
K
e
las
XI
I
P
S
S
e
m
e
ste
r
G
e
n
ap
T
ah
u
n
Aj
ar
an
2012/2013
.
M.
W
il
da
n
Athoil
lah
;
0
9
02101
0
1
062
;
201
3
;
9
7
ha
lama
n;
P
rogr
a
m
S
tudi
P
e
ndidi
ka
n
Mate
matika,
J
ur
usan
P
e
ndidi
k
a
n
M
I
P
A;
F
a
kult
a
s
K
e
g
ur
ua
n
d
a
n
I
l
mu
P
e
ndidi
ka
n,
Unive
rsitas
J
e
mber
.
Da
lam
dunia
p
e
ndidi
ka
n,
pe
mi
li
ha
n
pe
nde
k
a
ta
n
da
n
model
p
e
mbela
ja
ra
n
y
a
n
g tepa
t
a
da
lah
suatu h
a
l
y
a
n
g
h
a
rus dipe
r
ha
ti
ka
n. P
e
mi
li
ha
n pe
nde
ka
tan
y
a
n
g tepa
t
a
ka
n
memuda
hka
n
sis
w
a
untuk
mema
ha
mi
ma
ter
i
pe
laja
ra
n.
MMP
y
a
ng
se
c
a
ra
e
mpi
ris
mela
lui
pe
ne
li
ti
a
n
dikema
s
da
l
a
m
struktu
r
y
a
n
g
h
a
mpi
r
sa
m
a
de
n
g
a
n
S
trutur
P
e
ng
a
j
a
ra
n
M
a
tema
ti
ka
y
a
n
g
l
e
bih
men
g
utama
k
a
n
pe
maha
m
a
n
konse
p
da
n
latihan
soal.
MMP
dit
e
ka
nka
n
pa
da
pe
mbel
a
jar
a
n
e
fe
kt
if
untuk
mate
matika
be
r
pus
a
t
pa
da
pe
nga
jar
a
n
y
a
n
g
meningka
tkan
ke
a
kti
fa
n
sis
wa
.
De
n
g
a
n
Moodl
e
pe
mbel
a
jar
a
n
bis
a
be
rja
lan
lebih
e
f
e
kti
f
ka
re
na
m
e
manf
a
a
tkan
w
a
k
tu
ke
ti
ka
sis
wa
b
e
ra
d
a
di
ruma
h.
De
n
g
a
n
pe
mbel
a
jar
a
n
y
a
n
g
dil
a
ks
a
na
ka
n
di
se
kolah
da
n
diruma
h
dihar
a
pka
n
pe
maha
man
sis
w
a
leb
ih
kua
t
da
n
w
a
ktu
luan
g
y
a
n
g
mer
e
k
a
mi
li
ki
ti
da
k
dit
ujukan
untuk
ke
g
iata
n
y
a
n
g
ne
ga
ti
f.
Ole
h
ka
re
n
a
it
u,
pe
ne
li
ti
be
ra
sums
i
ba
h
wa
model
pe
mbela
jar
a
n
koope
r
a
ti
f
ti
pe
MMP
ini
sa
ng
a
t
c
oc
ok
a
pa
bil
a
dik
e
mas
se
c
a
ra
ra
pi
di
w
e
b
khususn
y
a
Moodl
e
.
P
e
ra
n
g
ka
t
y
a
n
g
d
ikemba
ng
k
a
n
da
lam
p
e
ne
li
ti
a
n
ini
be
rupa
R
e
nc
a
na
P
e
laksa
na
a
n
P
e
mb
e
laja
r
a
n
(RP
P
),
L
e
mbar
Ke
rj
a
S
iswa
(
L
KS),
B
uku
S
iswa,
Te
s
Ha
sil
B
e
laja
r
(T
H
B
)
da
n
E
lea
rnin
g
Moodl
e
.
Mo
de
l
pe
nge
mban
g
a
n
p
e
ra
n
g
ka
t
y
a
n
g
dig
una
k
a
n
be
ra
c
ua
n
pa
da
model
4D.
B
e
rd
a
sa
rka
n
ha
sil
pe
nil
a
ian
da
n
va
li
da
si,
pe
ra
n
g
ka
t
pe
mb
e
laja
r
a
n
dire
visi
da
n
ha
sil
n
y
a
disebut
D
ra
f
t
2
y
a
n
g
l
a
y
a
k
untuk
diuj
icoba
ka
n.
Uji
C
oba
pe
ra
n
g
ka
t
p
e
mbela
jar
a
n
dil
a
ksana
ka
n
di
S
MA
Ne
g
e
ri
4
J
e
mber
pa
da
tan
gga
l
28
Mar
e
t
hin
gg
a
8
Ap
ril
2013.
Ha
sil
uji
c
ob
a
di
g
una
ka
n
se
ba
ga
i
v
i
i
i
masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut
draft 3 (produk).
Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP,
LKS, Buku Siswa, THB dan E-learning moodle berturut-turut adalah 0,96; 0,94;
0,90; 0,93 dan 0,92. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau
koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti koefisien validitas tinggi atau
sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada
pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, berturut-turut adalah 89,74%, 92,30%,
dan 97,43%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi
kriteria kepraktisan.
Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga,
berturut-turut adalah 85,11%, 87,5%, dan 91,07% dengan rata-rata tiga pertemuan
tersebut adalah 87,89%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 34 siswa diperoleh
bahwa ≥80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang
ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa
memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari
analisis validitas 7 butir soal THB terdapat 3 butir soal yang nilai validitasnya cukup
dan 4 butir soal yang nilai validitasnya tinggi. Berarti secara keseluruhan alat evaluasi
ini dikatakan valid. Dari hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai 0,62 yang
berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi berkategori tinggi.
Sedangkan dari analisis Tes Hasil Belajar menunjukkan bahwa terdapat
85,3% siswa yang mencapai skor minimal 60. Sehingga dapat disimpulkan perangkat
pembelajaran matematika model MMP dan berbantuan e-learning ini sudah
memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat
pembelajaran yang cukup terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika
model MMP dan berbantuan e-learning pada pokok bahasan fungsi komposisi dan
fungsi invers kelas XI IPS yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMA
jurusan IPS untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.