• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PE N G E M B AN G AN PERAN GK AT P E M B E L AJA RA N M ATE M A T IK A M ODE L MIS S OU R I M A THE MA TIC S PROJE C T (M M P ) B E RBAN T UA N M E DIA P E M B E L AJA RA N E LEA R NIN G M OO DLE P AD A P O K OK B AHASAN FUN G S I K OM P OS IS I DA N F UN G S I INV E RS K E L AS XI IPS S E M E S T E R G E NA P T AHUN AJA RA N 20 1 2 /2013

    Thumbnail
    View/Open
    67_1-s.pdf (524.3Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    M. Wilda n Atho illah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RIN GK ASAN P e n ge m b an gan P e r an gk at P e m b e lajar an M a te m at ik a M od e l Mi sso u ri Mat h e m a ti c s Projec t B e r b an tuan M e d ia P e m b e lajar an E learn in g Mo odle P ad a P ok ok B ah asan F u n gsi K o m p osis i d an F u n gsi In ve r s K e las XI I P S S e m e ste r G e n ap T ah u n Aj ar an 2012/2013 . M. W il da n Athoil lah ; 0 9 02101 0 1 062 ; 201 3 ; 9 7 ha lama n; P rogr a m S tudi P e ndidi ka n Mate matika, J ur usan P e ndidi k a n M I P A; F a kult a s K e g ur ua n d a n I l mu P e ndidi ka n, Unive rsitas J e mber . Da lam dunia p e ndidi ka n, pe mi li ha n pe nde k a ta n da n model p e mbela ja ra n y a n g tepa t a da lah suatu h a l y a n g h a rus dipe r ha ti ka n. P e mi li ha n pe nde ka tan y a n g tepa t a ka n memuda hka n sis w a untuk mema ha mi ma ter i pe laja ra n. MMP y a ng se c a ra e mpi ris mela lui pe ne li ti a n dikema s da l a m struktu r y a n g h a mpi r sa m a de n g a n S trutur P e ng a j a ra n M a tema ti ka y a n g l e bih men g utama k a n pe maha m a n konse p da n latihan soal. MMP dit e ka nka n pa da pe mbel a jar a n e fe kt if untuk mate matika be r pus a t pa da pe nga jar a n y a n g meningka tkan ke a kti fa n sis wa . De n g a n Moodl e pe mbel a jar a n bis a be rja lan lebih e f e kti f ka re na m e manf a a tkan w a k tu ke ti ka sis wa b e ra d a di ruma h. De n g a n pe mbel a jar a n y a n g dil a ks a na ka n di se kolah da n diruma h dihar a pka n pe maha man sis w a leb ih kua t da n w a ktu luan g y a n g mer e k a mi li ki ti da k dit ujukan untuk ke g iata n y a n g ne ga ti f. Ole h ka re n a it u, pe ne li ti be ra sums i ba h wa model pe mbela jar a n koope r a ti f ti pe MMP ini sa ng a t c oc ok a pa bil a dik e mas se c a ra ra pi di w e b khususn y a Moodl e . P e ra n g ka t y a n g d ikemba ng k a n da lam p e ne li ti a n ini be rupa R e nc a na P e laksa na a n P e mb e laja r a n (RP P ), L e mbar Ke rj a S iswa ( L KS), B uku S iswa, Te s Ha sil B e laja r (T H B ) da n E lea rnin g Moodl e . Mo de l pe nge mban g a n p e ra n g ka t y a n g dig una k a n be ra c ua n pa da model 4D. B e rd a sa rka n ha sil pe nil a ian da n va li da si, pe ra n g ka t pe mb e laja r a n dire visi da n ha sil n y a disebut D ra f t 2 y a n g l a y a k untuk diuj icoba ka n. Uji C oba pe ra n g ka t p e mbela jar a n dil a ksana ka n di S MA Ne g e ri 4 J e mber pa da tan gga l 28 Mar e t hin gg a 8 Ap ril 2013. Ha sil uji c ob a di g una ka n se ba ga i v i i i masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draft 3 (produk). Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, Buku Siswa, THB dan E-learning moodle berturut-turut adalah 0,96; 0,94; 0,90; 0,93 dan 0,92. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti koefisien validitas tinggi atau sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, berturut-turut adalah 89,74%, 92,30%, dan 97,43%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, berturut-turut adalah 85,11%, 87,5%, dan 91,07% dengan rata-rata tiga pertemuan tersebut adalah 87,89%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 34 siswa diperoleh bahwa ≥80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis validitas 7 butir soal THB terdapat 3 butir soal yang nilai validitasnya cukup dan 4 butir soal yang nilai validitasnya tinggi. Berarti secara keseluruhan alat evaluasi ini dikatakan valid. Dari hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai 0,62 yang berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi berkategori tinggi. Sedangkan dari analisis Tes Hasil Belajar menunjukkan bahwa terdapat 85,3% siswa yang mencapai skor minimal 60. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran matematika model MMP dan berbantuan e-learning ini sudah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang cukup terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika model MMP dan berbantuan e-learning pada pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPS yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMA jurusan IPS untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18481
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository