Show simple item record

dc.contributor.authorM. Wilda n Atho illah
dc.date.accessioned2014-01-20T06:44:41Z
dc.date.available2014-01-20T06:44:41Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM090210101062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18481
dc.description.abstractRIN GK ASAN P e n ge m b an gan P e r an gk at P e m b e lajar an M a te m at ik a M od e l Mi sso u ri Mat h e m a ti c s Projec t B e r b an tuan M e d ia P e m b e lajar an E learn in g Mo odle P ad a P ok ok B ah asan F u n gsi K o m p osis i d an F u n gsi In ve r s K e las XI I P S S e m e ste r G e n ap T ah u n Aj ar an 2012/2013 . M. W il da n Athoil lah ; 0 9 02101 0 1 062 ; 201 3 ; 9 7 ha lama n; P rogr a m S tudi P e ndidi ka n Mate matika, J ur usan P e ndidi k a n M I P A; F a kult a s K e g ur ua n d a n I l mu P e ndidi ka n, Unive rsitas J e mber . Da lam dunia p e ndidi ka n, pe mi li ha n pe nde k a ta n da n model p e mbela ja ra n y a n g tepa t a da lah suatu h a l y a n g h a rus dipe r ha ti ka n. P e mi li ha n pe nde ka tan y a n g tepa t a ka n memuda hka n sis w a untuk mema ha mi ma ter i pe laja ra n. MMP y a ng se c a ra e mpi ris mela lui pe ne li ti a n dikema s da l a m struktu r y a n g h a mpi r sa m a de n g a n S trutur P e ng a j a ra n M a tema ti ka y a n g l e bih men g utama k a n pe maha m a n konse p da n latihan soal. MMP dit e ka nka n pa da pe mbel a jar a n e fe kt if untuk mate matika be r pus a t pa da pe nga jar a n y a n g meningka tkan ke a kti fa n sis wa . De n g a n Moodl e pe mbel a jar a n bis a be rja lan lebih e f e kti f ka re na m e manf a a tkan w a k tu ke ti ka sis wa b e ra d a di ruma h. De n g a n pe mbel a jar a n y a n g dil a ks a na ka n di se kolah da n diruma h dihar a pka n pe maha man sis w a leb ih kua t da n w a ktu luan g y a n g mer e k a mi li ki ti da k dit ujukan untuk ke g iata n y a n g ne ga ti f. Ole h ka re n a it u, pe ne li ti be ra sums i ba h wa model pe mbela jar a n koope r a ti f ti pe MMP ini sa ng a t c oc ok a pa bil a dik e mas se c a ra ra pi di w e b khususn y a Moodl e . P e ra n g ka t y a n g d ikemba ng k a n da lam p e ne li ti a n ini be rupa R e nc a na P e laksa na a n P e mb e laja r a n (RP P ), L e mbar Ke rj a S iswa ( L KS), B uku S iswa, Te s Ha sil B e laja r (T H B ) da n E lea rnin g Moodl e . Mo de l pe nge mban g a n p e ra n g ka t y a n g dig una k a n be ra c ua n pa da model 4D. B e rd a sa rka n ha sil pe nil a ian da n va li da si, pe ra n g ka t pe mb e laja r a n dire visi da n ha sil n y a disebut D ra f t 2 y a n g l a y a k untuk diuj icoba ka n. Uji C oba pe ra n g ka t p e mbela jar a n dil a ksana ka n di S MA Ne g e ri 4 J e mber pa da tan gga l 28 Mar e t hin gg a 8 Ap ril 2013. Ha sil uji c ob a di g una ka n se ba ga i v i i i masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draft 3 (produk). Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, Buku Siswa, THB dan E-learning moodle berturut-turut adalah 0,96; 0,94; 0,90; 0,93 dan 0,92. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti koefisien validitas tinggi atau sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, berturut-turut adalah 89,74%, 92,30%, dan 97,43%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, berturut-turut adalah 85,11%, 87,5%, dan 91,07% dengan rata-rata tiga pertemuan tersebut adalah 87,89%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 34 siswa diperoleh bahwa ≥80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis validitas 7 butir soal THB terdapat 3 butir soal yang nilai validitasnya cukup dan 4 butir soal yang nilai validitasnya tinggi. Berarti secara keseluruhan alat evaluasi ini dikatakan valid. Dari hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai 0,62 yang berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi berkategori tinggi. Sedangkan dari analisis Tes Hasil Belajar menunjukkan bahwa terdapat 85,3% siswa yang mencapai skor minimal 60. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran matematika model MMP dan berbantuan e-learning ini sudah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang cukup terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika model MMP dan berbantuan e-learning pada pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPS yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMA jurusan IPS untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 9021010 1062;
dc.subjectM ODE L MIS S OU R I M A THE MA TIC S PROJE C T (M M P )en_US
dc.titlePE N G E M B AN G AN PERAN GK AT P E M B E L AJA RA N M ATE M A T IK A M ODE L MIS S OU R I M A THE MA TIC S PROJE C T (M M P ) B E RBAN T UA N M E DIA P E M B E L AJA RA N E LEA R NIN G M OO DLE P AD A P O K OK B AHASAN FUN G S I K OM P OS IS I DA N F UN G S I INV E RS K E L AS XI IPS S E M E S T E R G E NA P T AHUN AJA RA N 20 1 2 /2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record