PENENTUAN FREKUENSI PENGGUNAAN MEDIA ADVERTENSI OPTIMAL UNTUK SEPEDA MOTOR YAMAHA TIPE VEGA DAN JUPITER PADA SENTRAL YAMAHA JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul “Penentuan Frekuensi Penggunaan Media
Advertensi Optimal Untuk Sepeda Motor Yamaha Tipe Vega dan Jupiter Pada
Sentral Yamaha Jember” ini bertujuan: untuk menentukan frekuensi penggunaan
media advertensi terhadap peningkatan volume penjualan sepeda motor Yamaha
tipe Vega-R Disk Break dan Jupiter-Z-CW pada sentral Yamaha Jember dan
menentukan kombinasi frekuensi penggunaan media advertensi untuk sepeda
motor Yamaha tipe Vega-R Disk Break dan Jupiter-Z-CW guna memperoleh
volume penjualan yang optimal. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data kuantitatif, untuk sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data sekunder. Untuk pengumpulan datanya digunakan adalah
menggunakan studi pustaka. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis
program dinamis. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah frekuensi
penggunaan media advertensi terhadap peningkatan volume penjualan untuk
sepeda motor Yamaha tipe Vega-R Disk Break untuk bulan Maret 2008 adalah
dengan menggunakan media I (Radio) sebanyak 26 kali pemunculan, media II
(Koran) sebanyak 26 kali pemunculan dan media III (Brosur) sebanyak 26 kali
pemunculan. Dan kombinasi frekuensi penggunaan media advertensi untuk sepeda
motor Yamaha tipe Vega-R Disk Break untuk memperoleh volume penjualan
yang optimal yaitu dengan total penjualan 1.775 unit, total penjualan
Rp.22.735.647.240,00, total biaya advertensi yang dikeluarkan sebesar Rp.
21.966.022,00 dan menghasilkan profit bagi perusahaan dari penggunaan media
advertensi sebesar Rp.22.713.681.218,00. Sedangkan untuk produk sepeda motor
Yamaha tipe Jupiter-Z-CW untuk bulan maret 2008 adalah dengan menggunakan
media I (Radio) sebanyak 23 kali pemunculan, media II (Koran) sebanyak 26 kali
pemunculan dan media III (Brosur) sebanyak 22 kali pemunculan. Dan kombinasi
frekuensi penggunaan media advertensi untuk sepeda motor Yamaha tipe JupiterZ-CW
guna memperoleh volume penjualan yang optimal yaitu dengan total
penjualan 71 unit, total penjualan Rp.2.635.594.399,00, total biaya advertensi
yang dikeluarkan sebesar Rp.20.645.047,00 dan menghasilkan profit bagi
perusahaan dari penggunaan media advertensi sebesar Rp.2.614.949.352,00.