ANALISIS STRATEGI E-MARKETING DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENJUALAN PRODUK KOPI BUBUK PERKEBUNAN RAKYAT SIDOMULYO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pemasaran produk kopi bubuk perkebunan rakyat Desa Sidomulyo saat ini
masih menggunakan strategi yang sangat sederhana tanpa adanya promosi yang
memadai. Produk kopi bubuk Sidomulyo mempunyai pangsa pasar yang sangat
kecil sehingga penjualannya kurang maksimal. Padahal jika ditinjau dari segi
mutu, produk kopi bubuk Sidomulyo memiliki kualitas yang lebih baik dibanding
produk sejenis yang ada di pasaran saat ini. Dalam era globalisasi dan dengan
dukungan teknologi informasi yang sudah cukup canggih, pemasaran konvensional
sangat tidak efisien dan efektif untuk digunakan, karena sistem pemasaran tersebut
memiliki banyak sekali kekurangan, misalnya biaya promosi yang mahal atau
kendala ruang dan waktu dalam proses pemasaran. Oleh karena itu dibutuhkan
sebuah strategi pemasaran yang lebih baik. Salah satunya dengan cara pemasaran
melalui internet atau sering dikenal dengan istilah e-marketing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merancang
kebutuhan e-marketing yang sesuai bagi pemasaran produk kopi bubuk
perkebunan rakyat Sidomulyo, agar daya jual dan pangsa pasar produk ini
semakin besar. Penelitian ini dilakukan melalui metode observasi, wawancara,
serta penyebaran kuisioner secara langsung maupun tidak langsung melalui
intenet. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT dan Analisis
BCG.
Berdasarkan hasil penelitian, untuk analisis SWOT dan matrik IE
diketahui bahwa posisi kekuatan internal dan eksternal produk kopi bubuk
perkebunan rakyat Sidomulyo Silo Jember berada pada sel V. Sel ini menunjukan
suatu strategi yang menggambarkan kegiatan dalam pertumbuhan perusahaan
untuk memperluas perusahaan dan fokus pada pesaing. Sedangkan pada hasil
analisis BCG menunjukan bahwa posisi produk kopi bubuk perkebunan rakyat
ix
Sidomulyo Jember berada pada question mark, yang menunjukan produk berada
pada tingkat pertumbuhan tinggi tetapi hanya menguasai pangsa pasar yang
rendah. Akibatnya tingkat keuntungan yang dihasilkan juga rendah dan
membutuhkan dana investasi yang besar jika produk ini ingin tumbuh
berkembang. Dari hasil kedua analisis diatas dapat diketahui bahwa strategi
promosi dalam rangka memperluas pemasaran untuk produk kopi bubuk
perkebunan rakyat Sidomulyo memiliki porsi paling besar yang harus diutamakan
diantara manajemen strategi lainnya. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan
sesuai dengan hasil tersebut adalah strategi e-marketing.
Implementasi strategi e-marketing produk kopi bubuk perkebunan rakyat
Sidomulyo ini dimulai dengan merancang sebuah website sebagai media promosi
dan pemasaran yang beralamatkan di www.sidomulyocoffe.web.id. Produk yang
dipromosikan dan dipasarkan lewat situs ini sebagian besar merupakan produk
kopi bubuk hasil perkebunan rakyat Sidomulyo. Dalam website ini ditanamkan
fitur-fitur yang menunjang sehingga proses e-marketing dapat berjalan baik sesuai
dengan tujuan. Salah satu fitur yang diandalkan pada website ini adalah fitur “ecommerce”
dan
“customer
service
online”.
Fitur
“e-commerce”
memungkinkan
pemesanan
produk
secara
online
dengan proses yang serba otomatis, sedangkan
fitur “customer service online” memungkinkan konsumen mendapatkan
informasi secara langsung dari perusahaan sehingga akan terjadi komunikasi dua
arah yang tentunya menguntungkan kedua belah pihak. Evaluasi secara dilakukan
berkala terhadap penerapan strategi e-marketing yang telah berjalan demi
tercapainya tujuan perusahaan.