• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Metode Pembelajaran Terbalik ( Reciprocal Teaching ) Dengan Pembanding Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Biologi (Sub Konsep Alat Indera Kelas XI SMA Negeri 1 Kalisat Tahun Ajaran 2005/2006),

    Thumbnail
    View/Open
    rasunafitr_1.pdf (115.2Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Rasuna Fitriati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembaharuan pendidikan dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas guru sebagai pelaksana pendidikan. Guru diharapkan dapat menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa dengan cara dan metode yang tepat. Selain itu, buku sebagai sarana belajar juga penting keberadaannya. Metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah metode pembelajaran terbalik ( reciprocal teaching ) . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2006 di SMA Negeri 1 Kalisat. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dimana sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan perhitungan t tes dan nilai efektivitas relatif. Hasil yang diperoleh adalah adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen ( 80,65 ± 6,90 ) dan kelas kontrol ( 75,15 ± 6,45 ). Melalui perhitungan t tes diperoleh t hitung sebesar 4,78 dan ttabel 1,991. hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya diperoleh nilai efektivitas relatif sebesar 7,32 %. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran reciprocal teaching lebih efektif sebesar 7,32 % dibanding dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara metode pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dengan metode konvensional dalam pembelajaran biologi sub konsep alat indera dan penggunaan metode pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) lebih efektif dibanding dengan metode konvensional dalam pembelajaran biologi sub konsep alat indera.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17121
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository